Percepat Vaksinasi Nasional, IKA Unair Sidoarjo dan PLN Sasar Warga Kecamatan Taman

Caption : Vaksinasi Massal IKA Unair Cabang Sidoarjo. (ist)

BACAMALANG.COM – Untuk mempercepat Vaksinasi Nasional, IKA (Ikatan Alumni) Unair (Universitas Airlangga) Sidoarjo dan PLN menyasar Warga Kecamatan Taman Sidoarjo.

“Kami ingin membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi nasional. Sasaran Kecamatan Taman menjadi target kami karena wilayah ini cukup padat penduduknya,” tegas Ketua Pelaksana Vaksinasi IKA Unair Sidoarjo Abdullah Khizam, Sabtu (11/9/2021).

Sekilas info, IKA Unair Cabang Sidoarjo kembali menggelar vaksinasi massal. Vaksinasi kali ini adalah program Jelajah Kampung dan Negeri dengan menyasar masyarakat Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Sebanyak 5.000 orang menjadi peserta dalam vaksinasi ini, Sabtu, 11 September 2021.

Pelaksanaan vaksinasi ini digelar di Puspa Agro, Desa Jemundo, Kecamatan Taman.

Sedangkan sasarannya adalah masyarakat umum, pelajar, dan keluarga besar PLN.

Ketua Pelaksana Vaksinasi Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam, pihaknya menyasar Kecamatan Taman karena wilayah ini cukup padat penduduk di Sidoarjo.

Program vaksinasi massal ini juga bekerja sama dengan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur.

Sementara itu, General Manager PLN UID Jawa Timur Adi Priyanto, mengatakan, program ini juga bagian dari Sapu Bersih Vaksinasi PLN.

“Sudah ada 12.390 orang pegawai dan tenaga alih daya di PLN IUD Jawa Timur yang telah divaksin. Upaya ini juga untuk memberikan layanan terbaik dan mendukung percepatan ekonomi nasional,” ungkap Adi Priyanto.

PLN UID Jawa Timur, kata Adi Priyanto, juga memiliki enam pabrik oksigen yang harus dijaga keandalannya. Demikian pula dengan rumah-rumah sakit di Jawa Timur yang harus dijaga pasokan listriknya.

“Setiap hari petugas kami menjaga agar pasokan listrik tetap terjaga,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jatim Graha Utama Mirza Muttaqien mengatakan, pihaknya menyambut terbuka kolaborasi dengan pihak lain, termasuk PLN, dalam percepatan program vaksinasi nasional.

“Kegiatan ini untuk membantu program pemerintah. Kalau nggak digotong bersama-sama, percepatan vaksinasi kurang maksimal. Kami juga tak berhenti pada satu titik saja. Program Jelajah Kampung dan Pesisir ini menyasar kabupaten yang agak rendah jangkauan vaksinnya untuk kita dorong bersama-sama,” jelas Mirza yang juga Pengurus Pusat (PP) IKA Unair.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Syaf Satriawan mengatakan, pihaknya juga akan menggelar kegiatan vaksinasi massal dengan 30 ribu peserta.

Sudah ada empat tempat yang dijadikan lokasinya. Yakni GOR Sidoarjo, Puspa Agro, Mall Pelayanan Publik, dan satunya di daerah Krian.

“Kegiatan yang diadakan IKA Unair Sidoarjo ini sangat kami dukung agar jumlah penduduk yang divaksin meningkat. Sudah beberapa kali kami bekerja sama dengan IKA Unair Sidoarjo dalam program vaksinasi massal,” jelasnya.

Saat ini di Sidoarjo sudah 42 persen yang telah divaksin pertama. Sedangkan vaksin kedua 24 persen, dan vaksin ketiga 1 persen.

Syaf Satriawan juga mengingatkan kepada orang tua yang anak-anaknya mengikuti vaksinasi massal ini juga tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes).

Acara ini ditandai dengan vaksinasi simbolis terhadap satu pelajar dan satu warga masyarakat disaksikan para undangan.

Kemudian diberikan santunan simbolis kepada anak yatim piatu oleh PLN. Hadir pula camat, kapolsek, dan danramil Taman, serta kepala Desa Jemundo.(*/had)