Peringati Hari Gizi Nasional, Gubernur Jatim Ajak Turunkan Stunting

Pamflet digital ucapan selamat Hari Gizi Nasional (ist)

BACAMALANG.COM – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak semua pihak bersama-sama menurunkan stunting. Hal itu ia sampaikan bertepatan dengan tanggal 25 Januari yang diperingati sebagai Hari Gizi Nasional (HGN).

“Hari ini tanggal 25 Januari merupakan Hari Gizi Nasional. Mari kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan upaya penurunan angka stunting,” tegas Khofifah.

Ia mengatakan upaya dapat dilakukan dengan meningkatkan konsumsi protein.

“Upaya tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan konsumsi protein hewani terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan balita,” urainya.

Ia mengungkapkan hal tersebut selaras dengan tema HGN ke-63 tahun 2023 yakni ‘Protein Hewani Cegah Stunting’. Protein hewani ini mengandung zat gizi lengkap, mulai asam amino, vitamin dan mineral yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sehingga konsumsi protein hewani seperti daging, ikan, telur dan susu atau produk turunannya sangat baik dalam upaya penurunan stunting.

Menurut Kemenkes, stunting adalah kondisi anak mengalami gangguan pertumbuhan, sebagai akibat dari masalah gizi kronis yaitu kekurangan asupan gizi dalam waktu yang
lama.

“Untuk itu mengonsumsi beragam makanan bergizi dan mengandung protein hewani setiap kali makan sangat dianjurkan,” pungkasnya. (*/had)