Peringati HPN, Dilaunching Buku Tentang Pers Karya 32 Dosen dari 24 PT

IST

BACAMALANG.COM – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, dilaunching buku tentang pers dan media massa, hasil sumbangan tulisan essay 32 dosen dari 24 Perguruan tinggi (PT) se-Nusantara.

Persembahan untuk Hari Pers Nasional 2021, sejumlah dosen ilmu komunikasi meluncurkan buku kumpulan tulisan tentang pers dan media massa, Kamis (11/2/2021).

Seperti judulnya, buku Esai Pengalaman: Merangkai Asa untuk Media Massa banyak bercerita tentang pengalaman para penulis berinteraksi dengan media massa. Baik di masa yang lalu maupun di masa kini.

Memang penulisnya sebagian besar adalah generasi baby boomer, gen X dan gen Y, sehingga romantisme dengan media cetak lebih mewarnai pengalaman mereka. Namun, uniknya adalah para penulis mengalami tiga gelombang tehnologi media lho, dan semua masih setia menggunakan media massa sebagai makanan sehari-hari,” papar Frida Kusumastui, Dosen Universitas Muhammadiyah Malang, sang penggagas sekaligus koordinator tim editor.

Foto: Buku Merangkai Asa untuk Media Massa. (ist)

Esai Pengalaman: Merangkai Asa untuk Media Massa ditulis oleh 32 dosen komunikasi dari 24 perguruan tinggi.

Sederet nama yang cukup terkenal sebagai penulis buku dan dosen senior ikut menyumbangkan tulisan, diantaranya Dr. Sunarto (Undip), Nina Mutmainnah (UI), Andina Dwifatma (Unika Atmajaya Jakarta). Ketiganya didapuk sebagai wakil penulis dalam acara bedah buku pagi ini.

Bedah buku yang menyertai launching juga menghadirkan pemantik diskusi dari Dewan Pers, Arif Zulkifli. Sementara itu pembedah buku menghadirkan dua pelaku media besar, Sapto Anggoro dari Tirto.ID dan Budiman Tanoeredjo – Harian Kompas.

“Kami menghadirkan para pembicara yang kompeten di bidangnya demi menciptakan diskusi yang menarik untuk saling mengritisi dan memberikan pandangan untuk perkembangan media massa, “terang Lintang Ratri Rahmiaji, Dosen Universitas Diponegoro, moderator sekaligus anggota tim editor. (*/had)