Peringati International Nursing Day, Mahasiswa STIKes Kepanjen Gelar Webinar

Caption : Peringati International Nursing Day, Mahasiswa STIKes Kepanjen gelar Webinar. (dok pribadi)

BACAMALANG.COM – Profesi Perawat memberikan peran vital dan sangat dibutuhkan apalagi semisal dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.

BEM STIKes Kepanjen melalui Panitia International Nursing Day (IND) tahun 2021 mengadakan kegiatan virtual IND atau Hari Perawat International.

Event ini merupakan hari perayaan guna memberikan kontribusi dan apresiasi kepada perawat yang berjasa kepada masyarakat.

Tema International Nursing Day 2021 adalah : For smart, superior, and competent nursess to realize integralheal the service in the future (FOR NURSE IN THE FUTURE).

Tema ini diartikan kita mahasiswa mampu berinovasi dan berdedikasi untuk menjadikan generasi perawat dimasa mendatang agar memiliki keunggulan dan berkompeten di bidangnya sehingga dapat bersaing di New Global Era.

Dimaknai juga mahasiswa diharuskan berpikir kritis dalam memecahkan problematika agar mampu memecahkan masalah keperawatan.

“Sebagai seorang mahasiswa keperawatan yang berintelektual mahasiswa harus mampu berperan aktif serta berpartisipasi dalam peringatan hari keperawatan sedunia (International Nurses Day) atau disingkat IND yang jatuh pada tanggal 12 Mei,” tandas Ketua Panitia IND Nabila Sawaliyah yang juga Mahasiswa semester 4 Sarjana Keperawatan.

Dikatakannya, hari tersebut perlu dijadikan momentum di masa pandemi covid-19 ini untuk meningkatkan solidaritas dan rasa kebersamaan antar mahasiswa keperawatan.

Ketua BEM STIKes Kepanjen tahun 2021 Kabinet Chiswada Leny Pratiwi turut memberikan sambutan.

“Sebagai generasi perawat, mahasiswa keperawatan harus mampu mengapresiasikan kecintaannya terhadap profesinya serta harus mampu menghargai sejarah terbentuknya perawat di dunia.

Dikatakannya, selain itu mahasiswa keperawatan harus mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa perawat merupakan sebuah profesi yang harus dihargai keberadaannya serta pentingnya peran perawat, dengan begitu akan mampu memberikan image positif atau negatif kepada masyarakat sebagai users atau pengguna jasa pelayanan keperawatan lainnya.

Sementara itu, Ketua STIKes Kepanjen Ibu Dr. Riza Fikriana ,S.Kep.Ns.,M.Kep. dalam Opening Speech menyampaikan kegiatan IND ini tidak lain adalah semata-mata bertujuan untuk membantu adik-adik mahasiswa sebagai calon perawat untuk terus berkontribusi kepada masyarakat serta memupuk cita-cita sebagai seorang perawat.

“Perawat dalam hal ini memegang peran penting, basis dalam perkembangan kondisi fisik setiap pasien, sehingga mempengaruhi populasi dan sistem kesehatan. Perawat juga merupakan pekerjaan yang menanamkan kepedulian tentang kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan sangat ditentukan oleh keperawatan atau asuhan keperawatan,” tegasnya.

Adapun rangkaian kegiatan IND tahun 2021 ini yaitu Webinar Keperawatan secara virtual Online yang diselenggarakan Kamis, 22 Juli 2021 dengan Narasumber Bapak Lulus Condro T.,S.Kep.Ns,MSi. selaku Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kabupaten Malang dengan materi Merawat Komunikasi antar Perawat di Masa Pandemi.

Pembicara kedua adalah Bapak Zulfikar Muhammad,M.Kep. Dosen STIKes Kepanjen dengan materi Peran Perawat di Situasi Pandemi Covid-19. Selain kegiatan webinar online ini juga diadakan lomba virtual antar mahasiswa keperawatan se-Jawa Timur yaitu lomba poster, video edukasi Covid-19 dan essay. (tri/had)