Permintaan Penerbitan Paspor Membludak, Kantor Imigrasi Segera Buka UKK

Kantor Imigrasi segera buka UKK. (ist)Kantor Imigrasi segera buka UKK. (ist)

BACAMALANG.COM – Jumlah permintaan paspor yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang membludak selama Musim Haji dan Umroh, Rabu (22/6).

Menurut data di Kantor Imigrasi kelas 1 TPI Malang tercatat, mulai bulan Januari hingga Desember tahun 2021 telah mengeluarkan 4000 lembar paspor lebih. Sementara tahun 2022 ini dari bulan Januari hingga bulan Juni sudah mengeluarkan 16 ribu lembar paspor lebih.

“Permintaan paspor naik sangat signifikan, bahkan bisa meningkat hingga 4 kali lipat. Karena itu, kuota jelas ada penambahan. Permintaan paspor untuk Umroh dan Haji, mendominasi jadi yang terbanyak,” jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang, Ramdhani, A.Md.IM.SH.M.Si. Usai membuka acara Sinergitas Komunikasi Kehumasan Bersama Media Sebagai Upaya Peningkatan Branding Imigrasi Malang, Senin siang (20/06).

Oleh sebab itu, lanjut Ramdani, pihaknya akan segera membuka Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di daerah Pasuruan. Bahkan, akan membuka kantor di Mall Pelayanan Publik (MPP) di kawasan Alun Alun Merdeka Malang serta di ULP Lippo Kota Batu.

“Mobilitas masyarakat ke luar negeri luar biasa. Karena itu kami menyesuaikan dengan memberikan layanan maksimal dengan cara membuka UKK di Pasuruan, di Mall Pelayanan Publik Merdeka Malang, serta di kawasan Lippo Kota Batu,” lanjutnya.

Bahkan, pihaknya mengaku telah melakukan pelayanan dengan cara jemput bola baik di pesantren hingga beberapa instansi lain, bahkan dihari libur sekalipun tetap ada pelayanan.

“Sebagai instansi pelayanan masyarakat, tentunya untuk memberikan layanan publik. Kami ingin masyarakat bisa terpuaskan dengan layanan kami,” ujarnya.

Sementara itu, melalui sinergitas komunikasi kehumasan bersama media diharapkan bisa semakin terpublikasikan ragam dan inovasi layanan di kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang.

Kedepan, diharapkan bisa meraih status layanan kategori WBK dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara- Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). (Him)