Perpanjangan PPKM Hingga 6 September, Malang Raya Level 3

Foto: BPMI Setpres/Rusman

BACAMALANG.COM – Rakyat Indonesia yang daerahnya terjangkit pandemi Covid-19 kembali akan menjalani aturan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2.

Terkait hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memperpanjang PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali mulai besok 31 Agustus hingga 6 September 2021.

“Total ada 25 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4 di Jawa dan Bali. Pemerintah memutuskan mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021,” kata Presiden Jokowi, Senin (31/8/2021).

Selain tingkat positivity rate menurun dalam sepekan terakhir, Jokowi mengungkapkan BOR (Bed Occupancy Rate) yang juga menurun dalam seminggu ini.

Terjadi penurunan jumlah daerah yang menerapkan PPKM Level 4 di Jawa dan Bali menjadi 25 daerah dari sebelumnya 51 kabupaten/kota pada pekan lalu.

Dikatakannya, wilayah level 3 pada penerapan minggu ini adalah Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, Malang Raya dan Solo Raya.

Dijelaskannya, Jawa Timur menjadi provinsi dengan daerah level 4 terbanyak, yaitu 19 kabupaten/kota.

Karena menjadi sarana menyeimbangkan antara pengendalian wabah dan ekonomi masyarakat maka kebijakan PPKM akan terus berlaku selama Covid-19 masih menjadi pandemi. (*/had)