Persatuan Perawat Kabupaten Malang Bantu Korban Gempa Bumi

Foto : Simbolis penyerahan bantuan dari PPNI Kabupaten Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kabupaten Malang bersikap empati dan peduli terhadap masyarakat yang terdampak bencana gempa di wilayah Kabupaten Malang khususnya Malang Selatan.

Bentuk bantuan berupa paket sembako khusus keluarga yang terdampak dengan sejumlah 210 paket kebutuhan pokok seperti beras, gula, dan mie instan. Pendistribusian bantuan dilaksanakan Kamis, 15 April 2021 yang terbagi di 7 (tujuh) desa di wilayah kecamatan Ampelgading yaitu 4 Desa Tirtomarto, Purwoharjo, Sonowangi dan Wirotaman.

Sedangkan di Wilayah Dampit yaitu Desa Pamotan, Majangtengah dan Rembun. Ketua DPD PPNI Kabupaten Malang Lulus Condro T. ,S.Kep.Ns.,MSi. menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk wujud tanggung jawab sosial organisasi profesi PPNI terhadap masyarakat yang terkena bencana.

“Adanya bantuan sembako dan dukungan PPNI yang hadir langsung ke lokasi kejadian diharapkan dapat mengurangi beban dari masyarakat yang terdampak gempa dengan kekuatan 6,1 Skala Richter yang telah mengguncang wilayah Kabupaten Malang,” jelasnya.

Abah Lulus sapaan akrabnya menambahkan Organisasi Profesi PPNI akan terus menghimpun dan menggalang donasi baik internal Anggota DPD PPNI Kabupaten Malang maupun berjejaring dengan Anggota DPD Wilayah lain maupun Pengurus Wilayah Jawa Timur serta Pengurus Pusat PPNI.

Pria yang juga Pensiunan PNS Dinas Kesehatan Kabupaten Malang ini berharap semua warga Kabupaten Malang dapat melewati masa sulit dan dapat segera berlalu serta kembali melakukan aktivitas seperti sedia kala.

Bantuan Bisa Ringankan Beban Korban

Bantuan yang disampaikan oleh DPD PPNI Kabupaten Malang ini disambut baik dan diterima oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa setempat. Bantuan ini akan sangat berguna dan bermanfaat bagi warganya serta sekaligus meringankan beban warga yang terdampak bencana gempa ini. Banyak sekali warganya yang terdampak bencana ini dan masih belum tersentuh serta memang benar-benar membutuhkan.

Budi Tamtomo,Amd.Kep. Perawat Senior Puskesmas Ampelgading yang ikut mendampingi menyampaikan banyak terima kasih kepada Organisasi Profesi PPNI Kabupaten Malang. Diharapkan melalui kegiatan PPNI Peduli Bencana Gempa Bumi ini bisa membantu meringankan beban masyarakat Kabupaten Malang khususnya warga Ampelgading.

“Sebagai petugas lapangan di bidang kesehatan, kami juga terus memonitor dan melakukan pemeriksaan dari sisi kesehatan kepada warganya yang berada di wilayah kerja Puskesmas Ampelgading,” tuturnya.

Sementara itu ditempat terpisah Siswoko, S.Kep.Ns. Perawat Koordinator Puskesmas Pamotan yang sekaligus Ketua DPK Komisariat Turen ini menyampaikan komentar dan harapan.

“Selain hadir memberikan bantuan kepada warga terdampak gempa, PPNI sebagai organisasi profesi perawat juga terus berupaya memastikan para perawat yang bertugas tetap semangat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi warga yang terdampak bencana ini. Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan tentunya semangat dan motivasi petugas kesehatan khususnya perawat harus ditingkatkan seiring dengan pengabdian dan ibadah kita melalui kegiatan PPNI Peduli ini,” tutup pria asli Dampit ini. (tri/had)