Persidangan Tragedi Kanjuruhan Tak Disiarkan Agar Tak Bergejolak, Tokoh NU: Sambo yang Kejam Aja Live di TV

Twitter/@Umar_Syadat770

BACAMALANG.COM – Persidangan kasus Tragedi Kanjuruhan tidak disiarkan langsung atau live streaming. Pihak Pengadilan Negeri Surabaya menyebut bahwa larangan itu adalah untuk menjaga kondisi psikologis saksi, khususnya keluarga korban.

Selain itu, pengunjung yang hendak menyaksikan persidangan di dalam ruang sidang Cakra juga dibatasi sebagai antisipasi pengunjung membludak dan memenuhi ruangan sidang. Kebijakan ini menimbulkan kontroversi.

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Muhammad Umar Syadat atau yang akrab dipanggil Gus Umar pun turun mengomentari hal ini dalam akun Twitter pribadinya, pada Jumat 20 Januari 2023.

“Sambo yg kejam aja live di TV,” cuitan singkat Gus Umar.

Untuk diketahui, sebelumnya Menko Polhukam Mahfud Md juga buka suara terkait larangan PN menyiarkan langsung sidang Tragedi Kanjuruhan.

“Itu kewenangan hakim yang menentukan terbuka dan tertutup,” tegas Mahfud, pada Sabtu (14/1/2023) lalu.

Ia menyebut bahwa sejatinya persidangan terbuka untuk umum dan bisa dionton langsung asalkan pengujung tertib. “Itu ada aturannya, kalau nonton sidang ya boleh. Sidang itu terbuka untuk umum, yang penting tertib dan aman,” terang mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini. (yog)