Persos Hwa Ind Bantu Datangkan Mesin Plasma Konvalesen

Pengambilan sample darah saat Screening Plasma Konvalesen dan Donor Darah Umum yang digelar di Aula SMAK Kolese Santo Yusup (Kosayu), Blimbing Kota Malang, Minggu (29/8/2021). (ned)

BACAMALANG.COM – Angin segar berembus bagi PMI Kota Malang. Pasalnya, unit transfusi darah di Jalan Buring ini bakal mendapatkan bantuan satu unit mesin plasma konvalesen, yang didatangkan oleh Perkumpulan Sosial (Persos) Hwa Ind.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Persos Hwa Ind Merry Tanhart, di sela Screening Plasma Konvalesen dan Donor Darah Umum yang digelar di Aula SMAK Kolese Santo Yusup (Kosayu), Blimbing Kota Malang, Minggu (29/8/2021).

“Kami melihat kebutuhan plasma di Kota Malang sangat tinggi, sementara mesin yang ada sangat terbatas,” ujarnya.

Merry mengaku, pihaknya sudah mengorder mesin yang akan didatangkan dari luar negeri tersebut. “Kalau sudah datang setidaknya bisa membantu pelaksanaan donor plasma yang selama ini hanya dilayani dua mesin saja,” imbuhnya.

Merry mengatakan, bantuan ini murni sebagai langkah untuk membantu ketersediaan darah dan plasma di PMI Kota Malang, di samping sejumlah kegiatan donor darah yang rutin digelar sebelumnya.

Kegiatan donor dari Persos Hwa Ind ini selalu melibatkan para alumni selain mengundang donor umum. “Kami berharap langkah ini dapat diikuti sekolah-sekolah, kampus atau institusi lainnya,” tandasnya.

Donor darah ini diselenggarakan oleh PMI Kota Malang bekerja sama dengan Persos Hwa Ind, serta terbuka untuk umum. Para pendonor darah yang lolos akan mendapatkan paket bingkisan berupa paket sembako, sebagai rasa terima kasih.

Ketua PMI Kota Malang Imam Bukhori sangat mengapreasiasi langkah Persos Hwa Ind dengan kegiatan donor darah yang digelar di SMAK Kosayu ini. “Terutama adanya bantuan mesin plasma, yang tentunya diharapkan dapat memperlancar pelaksanaan donor plasma konvalesen,” ungkapnya.

Imam mengaku pihaknya siap membantu Persos Hwa Ind, khususnya di bidang kepabeanan, mengingat mesin ini didatangkan dari luar negeri. “Kami nanti akan berkoordinasi langsung dengan staf dari Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, supaya mesin dapat datang dengan lancar sampai di Malang,” tandasnya. (ned)