Perubahan Cuaca Picu Gangguan Kesehatan, Kadinkes Kota Malang Paparkan Tips dan Imbauan

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif MM. (ist)

BACAMALANG.COM – Perubahan cuaca memicu munculnya gangguan kesehatan warga, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif MM, memaparkan beberapa tips dan imbauan penting, Sabtu (27/8/2022).

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir warga Kota Malang banyak mengeluhkan gangguan kesehatan diantaranya, batuk-pilek dan demam, bahkan sampai mengganggu kelancaran kegiatan sekolah SD karena mayoritas muridnya tidak masuk karena sakit.

“Untuk saat ini ada perubahan cuaca dan iklim memang perlu diwaspadai terkait dengan menjaga daya tahan tubuh dengan asupan yang cukup. Kalau perlu tambahan suplemen yang sudah biasa dipakai,” tegas dr Husnul Muarif MM.

Dikatakannya, lingkungan juga sangat berpengaruh. “Oleh karena itu imbauan kepada warga Kota Malang khususnya untuk dapat berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menjaga lingkungan agar tetap bersih dan segar sehingga dapat terhindar dari penyakit yang berbasis lingkungan misalnya Demam Berdarah,” tuturnya.

Ia menyarankan warga tidak segan berkonsultasi jika mengalami gangguan kesehatan.

“Saran untuk warga bisa berkonsultasi dengan tenaga/fasilitas kesehatan terdekat manakala merasakan tidak enak badan, misalnya demam, badan sakit semua, nyeri saat menelan/tenggorokan. Diharapkan tetap menjaga kedisiplinan dan tertib dalam protokol kesehatan,” pungkasnya. (had)