PGRI Kabupaten Malang Gelar Workshop GWE untuk Hadapi Era Digital

Foto : Dwi Soetjipto, Ketua PGRI Kabupaten Malang dalam kegiatan workshop. (ist)

BACAMALANG.COM – Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-76, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Malang menggelar workshop Google Workspace for Education (GWE). Hal ini juga sebagai upaya untuk menjawab tantangan zaman yang serba digital.

Dwi Soetjipto, Ketua PGRI Kabupaten Malang menjelaskan, workshop ini juga untuk memperingati Hari Aksara Internasional (HAI).

“Kami menggelar beberapa kegiatan, untuk pelatihan Google Workspace for Education ini untuk membekali guru-guru di Kabupaten Malang untuk go digital dalam pembelajaran,” tuturnya.

Foto: Pengurus PGRI Kabupaten Malang. (ist)

Adapun workshop ini diikuti 7671 peserta. Rinciannya, dari Kabupaten Malang sejumlah 7537 peserta, sedangkan dari luar Kabupaten Malang yang tersebar di 18 Provinsi sebanyak 134 peserta.

“Ini yang membuat kami merasa bangga, karena kegiatan Kabupaten Malang ini menggema seluruh Indonesia. Suasana pandemi ini mengajari kita bergerak,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada 16 November 2021 nanti juga ada pengumuman lomba pembuatan weibon (ucapan di media sosial) untuk HUT PGRI, Hari Guru dan HAI. “Lomba ini diikuti 160 peserta, nanti diambil tiga juga,” imbuhnya.

Sementara untuk kegiatan pada 25 November 2021, pihaknya mengundang dari keluarga para pejuang organisasi yang sudah meninggal dunia. Yakni dengan mengajak tasyakuran di kantor PGRI Kabupaten Malang dan kecamatan lain yang dilaksanakan secara serentak.

“Kami tidak hanya pandai untuk memperjuangkan hak, tapi juga harus pinter membela kewajiban, karena guru adalah guru sebagai agen perubahan, guru sebagai pembelajaran dan guru sebagai  agen informasi. Situasinya seperti ini  semua harus serba online, serba digital,  guru harus siap berubah untuk melayani masyarakat, makanya kita pilih GWE,” tegasnya.

Hari Subagyo, Ketua PGRI Pakisaji  mengaku cukup bangga dengan adanya workshop GWE. “Karena bisa menambah  pengetahuan dan ketrampilan  bagi guru yang lain di zaman digital saat ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada puncak acara tanggal 27 November 2021 mendatang, juga akan digelar workshop secara daring dengan menghadirkan Menteri Koordinator PMK Profesor Muhajir Effendy bersama Bupati Malang HM Sanusi, Wabup Didik Gatot Subroto dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi. (yon/red)