Pilkades Semakin Dekat, Wabup Malang Minta Ciptakan Sikon Kondusif dan Minimalisir Gesekan

Caption : Deklarasi siap menang siap kalah Pilkades. (ist)

BACAMALANG.COM – Adanya gelaran Pilkades yang semakin dekat, Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto meminta semua elemen menciptakan sikon kondusif dan minimalisir gesekan.

“Pemilihan Kepala Desa merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa yang menjadi sebuah kegiatan rutinitas dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” kata Didik, sapaan akrabnya, Jum’at (26/11/2021).

Seperti diketahui pesan ini disampaikan Wabup saat menghadiri acara Deklarasi Siap Terpilih dan Tidak Terpilih Dalam Rangka Pilkades Serentak Gelombang Kesatu bertempat di Gedung Santika Polres Malang, Jum’at (26/11/2021).

Deklarasi dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Malang, beberapa jajaran Perangkat Daerah, beberapa Camat di Kabupaten Malang dan para calon Kades.

Sebab itu, ia berpesan kepada panitia Pilkades agar nantinya harus bekerja secara jujur dan adil.

” Lakukan tahapan-tahapan dengan benar setiap kali berkegiatan dan siapkan berita acara serta harus ditandatangani oleh seluruh para calon Kepala Desa. Hal ini akan mengurangi pemicu masalah-masalah yang tidak diinginkan selama berlangsung pilkades 2021. Ciptakan kondusifitas dan minimalisir gesekan,” terangnya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengimbau kepada seluruh masyarakat dan semua unsur yang terlibat pada para calon kepala desa, bersama-sama untuk siap mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak 2021 di Kabupaten Malang secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai, aman, tertib, demokratis dan bermartabat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Sementara itu, Kapolres Malang AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah menegaskan kepada para Calon Kepala Desa agar dapat melakukan kegiatan pilkades secara sportif dan positif yang gunanya untuk mendukung kegiatan sehingga berjalan dengan lancar. Diharapkan perhelatan Pilkades berjalan dengan baik tanpa ada kendala apapun.

“Saya bersama pimpinan daerah sepakat untuk memantau secara langsung pelaksanaan pilkades nanti, dan kami harapkan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan yang menimbulkan stigma negatif pada saat pemilihan Kepala Desa” pungkasnya. (*/had)