PKB Ingin Bentuk Koalisi Besar, PDIP Tanggapi Santai

Para pengurus DPC PDIP Kabupaten Malang rapat koordinasi dengan HM Sanusi (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Partai Kebangkitan Bangsa berencana menggagas pembentukan koalisi besar untuk melawan Bupati Malang petahana, HM Sanusi di Pilkada Kabupaten Malang 2020.

Seperti diketahui, Sanusi telah mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan bersama Didik Gatot Subroto untuk maju dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang nanti.

Menanggapi rencana PKB itu, Ketua DPC PDI Perjuangan, Didik Gatot Subroto menyatakan bahwa hal itu sah-sah saja dilakukan. Dia menilai itu merupakan bagian dari dinamika politik.

“Ya wajarlah, artinya sebuah kompetisi, masing-masing partai politik memiliki semangat juang di dalam rangka mendukung sebuah pemenangan,” kata Didik, Rabu (4/3/2020).

Dengan sudah turunnya rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan, Didik menambahkan, pihaknya juga bertekad untuk memenangi Pilkada nanti. Dia enggan terbebani dengan apa yang dilakukan oleh rival-rival politiknya.

“Karena PDI saat ini sudah menetapkan pasangan calonnya maka PDI juga bertekad harus memenangkan Pilkada ini,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Malang berambisi memenangkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang 2020.

PKB Kabupaten Malang pun mengeluarkan jargon anyar, ‘Mari Bung Kita Rebut Kembali’. Langkah yang diambil PKB ini seakan menegaskan bahwa mereka tidak akan bergabung dengan PDI Perjuangan yang telah merekomendasikan HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto.

“Tragetnya mengalahkan petahana. Targetnya pokok menang. Jargon kita, ‘Mari Bung Kita Rebut Kembali’,” kata Sekretaris DPC PKB Kabupaten Malang, Muslimin, Rabu (4/3/2020).

Untuk merealisasikan ambisi tersebut, PKB kini siap menggagas koalisi besar. Sejumlah partai telah diajak komunikasi oleh PKB.

“Arahnya ke membuat koalisi besar. Ya ini kan masa ta’aruf, sama NasDem, Golkar, Demokrat,” ungkap Muslimin. (mid/yog)