Platform Digital Dakwah Pemuda Muhammadiyah, Ini Fungsinya

ist

BACAMALANG.COM – Rapimwil I Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur yang dilaksanakan tanggal 29 sd 30 Mei 2021 telah usai. Kegiatan yang dilangsungkan di gedung Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia milik Pemprov Jawa Timur berlangsung lancar dan menghasilkan beberapa keputusan strategis.

Salah satu hasil yang menjadi prioritas PWPM Jatim pasca agenda di atas adalah terbangunnya jejaring digital yang mengkoneksikan potensi dakwah, ekonomi dan sumberdaya keumatan dalam satu ekosistem digital. Maka di akhir sesi sebelum penutupan RAPIMWIL I tersebut dilangsungkan soft launching jejaring digital tersebut dalam platform berbasis web dengan alamat http://masjid.pwpmjatim.org.

Platform ini didesain untuk mengkoneksikan potensi para pemuda masjid Muhammadiyah se jawa timur, mulai potensi dai, aset dan jamaah. Untuk optimasi publikasi potensi tersebut, platform digital ini di koneksikan dengan tiga platform media sosial digital terbesar dunia yaitu Youtube, Facebook dan Instagram. Dengan konektifitas tersebut diharapkan potensi dai muda muhammadiyah, potensi aset masjid serta potensi jamaah dapat terpublikasi dan dikenal pengguna media sosial di Indonesia yang konon telah mencapai 202 juta pengguna.

Platform ini ditargetkan pada akhir tahun telah dapat memetakan potensi kegiatan kepemudaan masjid berikut posisi masjid-masjid muhammadiyah. Platform ini juga akan mengkoneksikan kegiatan jamaah secara digital dengan dukungan tim IT Masjid yang dioperasikan oleh tim yang dilatih oleh PDPM setempat, sehingga pengajian-pengajian rutin masjid dapat diikuti dan disiarkan pada jutaan jamaah Muhammadiyah se Jawa Timur bahkan se Indonesia melalui kanal Youtube, Instagram dan Facebook masjid-masjid tersebut.

Sebagai platform digital baru PWPM Jatim, masjid.pwpmjatim.org diharapkan bisa mengkolaborasikan berbagai kegiatan lintas bidang di PWPM Jatim. Karenanya dalam mengembangan platform ini Tim Big Data Pemuda Muhammadiyah Jatim dibentuk dengan dukungan bidang Organisasi, Bidang Dakwah dan bidang-bidang lain yang terkait.

Sebagai satu platform digiotal yang juga berfungsi mengumpulkan data jamaah. Dengan pengembangan yang terarah dan dukungan masyarakat InsyaAllah Indonesia melalui Pemuda Muhammadiyah mampu membuat platform media sosial mandiri yang menandingi WHATSAPP, sebagaimana China memiliki WHECHAT. Memiliki marketplace yang lebih kuat dari LAZADA, dan memiliki channel dakwah digital yang kuat dan besar biidznillah. (*/lis)