PLN Sokong EBT, Tak Lagi Membangun PLTU

Caption : National Energy Week (NEW) digelar KMI RET. (ist)

BACAMALANG.COM – Sebagai wujud kepedulian penghematan energi di Nusantara, PLN turut mendukung program Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan tak lagi membangun PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap).

Direktur Mega Project dan EBT PLN, M Ikhsan Asaad, menyatakan bahwa PLN selaku BUMN yang memiliki peran penting menghidupi 270 juta rakyat Indonesia sangat mendukung pengembangan EBT dengan tidak lagi membangun fossil energy-based plant dan menyatukan visi untuk menggerakan ekonomi Indonesia.

“Kami sebagai BUMN yang ditugasi menghidupi listrik 270 juta penduduk Indonesia tentu sangat dukung pengembangan EBT. Kami sampaikan bahwa PLN enggak lagi membangun PLTU,” kata Direktur Mega Proyek PLN Ikhsan Asaad dalam diskusi National Energy Week, baru-baru ini.

Sekilas informasi, acara NEW ini merupakan serangkaian agenda yang diadakan Komunitas Migas Indonesia di Rusia dan Eropa Timur (KMI RET) beberapa waktu lalu.

Kesepakatan kolaborasi

Pada diskusi hari ke-4 bertajuk Progres PLTN di tanah air, Komunitas Migas Indonesia di Rusia dan Eropa Timur (KMI RET) juga mempertemukan Kepala Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir BATAN, Dr. Suparman, Kepala Perwakilan Thorcon Indonesia, Bob Sulaiman Effendi dan Anggota DPR Komisi VII 2014-2019, DR. H. Kurtubi.

Walaupun diberikan waktu yang terbatas, diskusi melahirkan sebuah kesepakatan lisan terkait kolaborasi.

“Akhirnya setelah 4 tahun, Batan menyatakan siap bekerjasama dengan Thorcon sebatas litbang yang disampaikan oleh Kepala Pusat Energi Nuklir, Suparman dalam Webinar National Energy Weeks,” tulis Bob Effendi, Perwakilan Thorcon Indonesia pada akun instagram @bobsoef.

National Energy Week (NEW) merupakan program pembuka KMI RET yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 14 Maret 2021 dengan tema Membangun Industri Energi Terintegrasi dan Berkelanjutan.

Program NEW ini didukung oleh 20 (dua puluh) partner dan sponsor. Acara ini berlangsung selama 5 (lima) hari berturut-turut dan dihadiri 400 partisipan setiap harinya dengan 780 pendaftar, hal tersebut menjadikan NEW sebagai online event energi nasional terbesar di Indonesia di tahun 2021.

Job Fair dan Panel Discussion

Acara NEW terdiri dari 2 rangkaian yakni Job Fair dan Panel Discussion. Rangkaian acara Job Fair menghadirkan 15 pembicara dari 10 perusahaan ternama dengan 3 topik menarik yaitu Company Sharing, Career Building, dan Career Clinics.

Sedangkan rangkaian acara Panel Discussion menghadirkan lebih dari 30 pembicara penggiat energi dengan topik-topik aktual dan komprehensif meliputi Target 1 juta BOPD, Prospek EBTK, Teknologi Kendaraan Listrik, Progres PLTN dan Praktek Terbaik K3.

Selain inspirasi dan motivasi, Peserta juga melatih soft skill dan hard skill yang dibutuhkan dalam dunia migas melalui pelatihan dan diskusi langsung dengan para ahli. (nich/had)