PMI Kabupaten Malang Beri Bantuan Rumah di Tirtoyudo

Caption : Bantuan rumah di Tirtoyudo. (ist)

BACAMALANG.COM – Banyaknya rumah rusak terrdampak gempa bumi 6,1 SR di Malang perlu mendapat sentuhan bantuan.

Mengingat saking banyaknya rumah rusak mencapai ribuan, maka sudah selayaknya semua pihak cancut tali wondo (berjibaku) memberikan bantuan.

Salah satu wilayah yang banyak rumah rusak adalah di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.

“Pagi ini penyerahan 1 unit rumah yang ke-2 dari 11 unit yang direncanakan. Penyerahan dilakukan ibu ketua PMI (Jajuk Rendra Kresna) di Dusun Tlogomulyo Desa Tlogosari, Kecamatan Tirtoyudo,” terang Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprilianto, Sabtu (1/5/2021).

Satu unit senilai Rp.13 juta. Senin Pamotan sudah siap dserahkan, yang lain kami masih koordinasi dengan BPBD, Camat, Desa dan masyarakat sekitar rumah yang dibangun.

“Harapan kami bila terjadi gempa tidak separah ini, karena pengalaman ini bisa jadi pembelajaran saat membangun rumah masalah Rumah Aman Bencana menjadi perhitungan prioritas,” jelasnya.

Sementara itu, menurut data BPBD Jatim, disebutkan 10 orang meninggal dunia, 2 orang terdampak luka berat, 6 orang luka sedang, dan 97 orang luka ringan.

Meninggal 10 orang, di Lumajang 6 orang, di Malang 4 orang. Dan 97 luka ringan, 6 orang luka sedang dan 2 luka berat.

Sebanyak 755 unit fasilitas umum (fasum) yang rusak akibat gempa, di antaranya fasilitas pendidikan, fasilitas rumah ibadah, jembatan, hingga fasilitas kesehatan.

Data terakhir ada 8.968 rumah rusak ringan, 5.168 rumah rusak sedang, 2.413 rumah rusak berat.
Sebanyak 8.968 rusak ringan, 5.168 rusak sedang, 2.413 rusak berat. (had)