Polres Ajak Warga Kabupaten Malang Ikuti Pilkada Damai dan Jurdil

Foto : Polres Ajak Warga Kabupaten Malang  Ikuti Pilkada Damai dan Jurdil. (yon)

BACAMALANG.COM  – Polres Malang jalin sinergisitas dengan organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya masyarakat (LSM) se-Kabupaten Malang untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Malang.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemerintah Kabupaten Malang di Gedung Cinde Wilis Jl. Raya Pakisaji No. 39 Kec. Pakisaji, Kabupaten Malang.

Bachrudin, M.Si., MT, Kepala Bakesbangpol Pemkab Malang menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka silaturahmi Pemkab Malang dengan Ormas dan LSM se Kabupaten Malang.

“Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol Pemkab Malang, untuk tahun ini dilaksanakan sebanyak 4 kali,” ujarnya .

Kegiatan ini bertujuan menjalin sinergitas pembangunan antara kelompok masyarakat dengan pemerintah dalam membangun ideologi dalam bentuk pemantapan Pancasila srbagai asas pembangunan nasional.

Pembangunan politik dalam bentuk pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden, pemilihan legislatif yang dilaksanakan secara langsung .

Pembangunan ekonomi di Indonesia dilaksanakan secara bersama antara masyarakat, swasta dan negara melalui pembangunan sosial budaya melalui pendidikan (minimal sampai SMA), kesehatan (BPJS), pembinaan sosial (ormas).

Pembangunan Hankam yaitu penguatan TNI Polri dalam memelihara Harkamtibmas dan pertahanan keamanaan Negara Kesatuan  Republik Indonesia  (NKRI).

“Kami meminta kepada seluruh Ormas dan LSM untuk ikut serta menjaga situasi keamanan di wilayah Kabupaten Malang khususnya dalam  pelaksanaan Pilkada Kabupaten Malang tahun ini,” tegasnya .

Pilkada dilaksanakan oleh KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara yang didukung oleh Pemerintah dan TNI Polri di tahun Politik itu sangat penting karena kita memilih pemimpin daerah yang nantinya akan mengeluarkan kebijakan- kebijakan  demi kesejahteraan masyarakat. 

Sedangkan Kasat Binmas Polres Malang, AKP Nunung Anggraeni, menambahkan dalam permasalahan saat ini yang sangat mengganggu dan sangat berbahaya yaitu terkait peredaran Narkoba yg dapat merusak generasi muda dan menghancurkan bangsa.

“Sedini mungkin, mulai dari kita dan keluarga mari kita cegah dan berantas peredaran narkoba,” tegasnya.

Permasalahan lain yaitu masih banyaknya peredaran miras di wilayah Kabupaten Malang, yang berdampak sangat besar terutama miras oplosan yg dapat mengancam nyawa orang sehingga perlu dilakukan  pencegahan .

“Pertama yang harus kita lakukan adalah menjadi polisi bagi diri kita sendiri dan keluarga,” ungkapnya. 

Untuk itu, pihaknya mengajak untuk mensosialisasikan bersama untuk tertib berlalu lintas demi menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain serta menjaga situasi kamtibmas Kabupaten Malang tidak lepas dari peran serta seluruh masyarakat.

Saat ini yang lagi viral adalah terkait virus corona, berita- berita  terkait virus Corona seperti langkanya masker membuat resah masyarakat dan kita tidak usah khawatir ataupun takut, yang perlu kita lakukan adalah dengan melakukan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan terutama rajin untuk cuci tangan.

Kemudian, tahun ini akan dilaksanakan Pilbup Malang, kami dari Polri dan TNI bertugas untuk mengamankan sehingga Pilbup berjalan dengan  luber jurdil dan aman.

“Jangan mudah percaya terhadap berita2 hoax (berita yg belum tentu kebenarannya,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kapten Arh. Jumawi (Pasiter Kodim 0818/ Kab. Malang-Batu, Muspika Pakisaji, Ipda Dwi Sujianto Kanit Opsnal III Sat Intelkam Polres Malang beserta anggota dan 100 orang pengurus/anggota Ormas dan LSM se Kabupaten Malang. (yon)