Posbankum Online Hadir di Pengadilan Negeri Malang

Foto: Ketua PN Malang (dua dari kiri) bersama Ketua Peradi Malang Raya saat menjelaskan kepa Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya. (yog)

BACAMALANG.COM – Guna memudahkan pelayanan di tengah pandemi COVID-19, Pengadilan Negeri (PN) Malang meluncurkan Pos Pelayanan Bantuan Hukum (Posbankum) secara daring. Selain itu, layanan ini merupakan langkah terobosan untuk memangkas alur birokrasi dan pencegahan tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Dengan adanya Posbankum online ini, masyarakat tinggal mengakses aplikasi tanpa harus datang ke pengadilan. Ini hasil kerjasama Kami dengan Peradi Malang Raya,” kata Ketua PN Malang, Nuruli Mahdilis, Jumat (18/6)

Dijelaskan Ketua Peradi Malang Raya, Iwan Kuswardi, untuk pelayanan yang bisa diakses yakni konsultasi hukum dan permohonan layanan produk hukum. Dimulai dari menginstal aplikasi Team Link, kemudian berlanjut mengakses PN-Malang.go.id yang diteruskan dengan mencari Posbankum di app.pn-malang.go.id.

“Layanan ini memang inovasi di tengah pandemic, tetapi bisa terus berjalan meskipun pandemi sudah berlalu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Herri Swantoro sangat mengapresiasi modernisasi sistem layanan anjungan mandiri Posbankum online ini. Apalagi di masa pandemi ini, diperlukan sistem terpadu yang bertujuan memberikan rasa aman dari sebaran virus bagi petugas maupun masyarakat.

Selain itu, hal ini juga akan membuka persepsi positif di masyarakat. ” Ini lompatan besar yang harus didukung. Inovasi ini juga akan membuat persepsi anti korupsi lebih maksimum,” papar Herri saat meresmikan PTSP dan Posbankum di PN Malang. (yog/red)