PPK Pakisaji Bersama Panwascam Lakukan Aksi Sosial Semprot Disinfektan di Pura

Foto : Semprot Disinfektan di Pura. (ist)

BACAMALANG.COM – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pakisaji dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pakisaji  melakukan aksi sosial dengan menyemprotkan disinfektan di Pura Karangpandan Pakisaji Kabupaten Malang. Penyemprotan di tempat ibadah umat hindu ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid 19.  

Djumain, Kepala Desa Karangpandan Pakisaji menjelaskan bahwa tujuan penyemprotan ini untuk membantu saudara saudara umat hindu yang akan melakukan kegiatan keagamaan upacara nyepi.

“Sebelum dipergunakan, minimal tempat ibadahnya steril dari penyebaran virus corona, kita mencegah saja,” ungkapnya, saat menjelaskan aksi yang dilakukan pada Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, pergerakan virus ini cukup mengkhawatirkan. Sebagai upaya pencegahan  Covid 19 di Pakisaji dan sekitarnya, yakni dengan menyemprotkan disinfektan di tempat ibadah Pura agar penyebaran tidak masif.

Pihaknya juga mengajak masyarakat Pakisaji dan khususnya warga Desa Karangpandan untuk membudayakan hidup bersih dengan selalu mencuci tangan dan untuk sementara menghindari kerumunan massa.

Sementara itu, Wiyono selaku Ketua Panwascam Pakisaji menambahkan  bahwa dalam upaya pencegahan virus Corona atau Covid 19, salah satunya dengan melaksanakan semprot disinfektan di Pura Umat Hindu Desa Karangpandan Pakisaji 

“Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di sekitar area pura serta tempat pendidikan yakni SMP Trimurti 01 dan SMA Trimurti 01 Karangpandan,” terangnya

Ia berharap, dengan dilaksanakan kegiatan ini nantinya akan memberikan rasa aman, nyaman. Untuk diketahui, Desinfektan merupakan bahan kimia atau pengaruh fisika yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya.

Priyo Djatmiko, Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Masyarakat Panitia Pemilihan Kecamatan Pakisaji mengaku bahwa kegiatan bersama dengan rekan Panwas ini adalah kegiatan sosial dan bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

“Ini merupakan upaya pencegahan penularan virus Corona, dipantau Bapak Kepala desa Karangpandan serta dukungan dari Muspika Pakisaji,” jelasnya. (yon)