PPKM Darurat dan Optimisme Solusi Baru, Berikut Catatan dr Umar

dr Umar Usman MM. (Ist)

BACAMALANG.COM – Di tengah penerapan PPKM Darurat untuk menghalau persebaran Covid di sejumlah wilayah, muncul klaster baru di berbagai lokasi di Malang Raya.

Perkembangan terakhir adalah
belasan karyawan pabrik minuman keras di Desa Pandanlandung, Wagir, Kabupaten Malang terkonfirmasi Covid-19. Mereka bersama 30-an orang kontak erat, empat diantaranya balita, saat ini harus menjalani isolasi mandiri.

“Dalam upaya melandaikan Covid, dilakukan PPKM Darurat yang wajib Kita dukung bersama. Alhamdulillah Kita harus tetap mempunyai optimisme dan kompak menurunkan dengan berbagai langkah,” tegas Wakil Ketua Satgas Covid 19 NU Malang Raya, dr Umar Usman MM.

LAYANAN TELEMEDICINE ISOMAN

Baru-baru ini Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan strategi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menghadapi lonjakan pasien Covid-19 di rumah sakit.

Salah satu bentuk intervensi itu adalah implementasi telemedicine atau berobat secara online di wilayah dengan kasus Covid-19 yang tinggi seperti DKI Jakarta. Aturan telemedicine ini berlaku untuk mereka yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Kita mendukung adanya program itu. Pasien Covid-19 isoman dapat memperoleh layanan telekonsultasi untuk skrining awal gejala sedang atau berat langsung dengan dokter. Lewat telemedicine, pasien Covid-19 juga dapat memperoleh paket obat selama isoman,” terang Pria yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Malang ini.

“Menariknya, nanti dokter akan cek statusnya sehingga bisa diarahkan kapan yang bersangkutan harus ke RS atau tidak. Juga akan dilakukan perbaikan regulasi agar pembiayaan layanan telekonsultasi dan paket obat dapat ditanggung Kemenkes,” imbuh Pria yang juga Ketua PC NU Kabupaten Malang ini.

Beberapa platform yang bekerja sama dengan Kemenkes antara lain, Get Well, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, Klik Go, Link Sehat, Pro Sehat, dan Yesdok

Berikut ini daftar 11 layanan berikut link telemedicine yang menyediakan obat gratis pasien Covid-19 yang menjalani isoman:

  1. Alodokter: https://bit.ly/alodokter-isoman atau
    https://www.alodokter.com/lalui-masa-isolasi-dengan-layanan-dokter-pribadi-gratis-untuk-pasien-covid-19
  2. GetWell, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell
  3. Good Doctor, https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/efeba7ae dan GrabHealth, https://grab.onelink.me/2695613898/fe73b8c5
  4. Halodoc, Bit.ly/isoman_halodoc
  5. KlikDokter, http://bit.ly/kd-kemenkes-isoman
  6. KlinikGo, http://klinikgo.com/isoman
  7. Link Sehat https://link.linksehat.com/mRMf 8. Milvik Dokter, http://milvik.id/about-us/
  8. ProSehat, https://prosehat.com/wa
  9. SehatQ, https://sehatqapp.onelink.me/bgzy?pid=kemenkes&c=sqkemenkes&deep_link_value=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed&af_web_dp=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed&af_dp=https%3A%2F%2Fwww.sehatq.com%2Ftelemed
  10. YesDok, https://bit.ly/ISOMAN-YesDok

TERAPI COVID-19

Saat ini ada beberapa alternatif pilihan terapi Covid-19 (selain plasma konvalesen), tertuang di dalam Pedoman Tatalaksana Covid-19 yang disusun beberapa perhimpunan dokter di Indonesia.

Penyusun pedoman ini adalah Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi), Perhimpupan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (Perdatin), dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Sejumlah terapi yang bisa dijajagi diterapkan meliputi : Anti IL-6 (Tocilizumab), Anti IL-1 (Anakinra), Sel Punca Mesenkimal, dan N-Asetilsistein. “Diharapkan selain terapi plasma konvalesen, dengan adanya rujukan terapi lainnya ini bisa mempercepat penurunan Covid,” tegas Pria yang juga senior KAHMI ini.

PEMBURU TRACING RT

Seperti di Tasikmalaya, untuk percepatan, maka pembentukan petugas pemburu tracing RT perlu dilakukan intensif.

“Rencana pembentukan petugas tracing tingkat RT tentunya sangat membantu tenaga medis. Ini tentunya akan mempercepat proses penghentian penyebaran,” lanjut Pria alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini.

Saat pemberlakuan PPKM Darurat menjadi momentum para petugas tracing tingkat RT melakukan tugasnya di wilayah perkampungan diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan masyarakat menerapkan protokol kesehatan karena di pemukiman sekitarnya akan diketahui siapa saja yang terpapar.

“Kewaspadaan prokes masyarakat di tiap pemukiman akan meningkat, pasien positif tak bergejala akan tertib isoman, sehingga akan menekan laju penyebaran Covid-19. Penanganan pasien bergejala pun akan fokus karena informasi kepada masyarakat akan akurat,” pungkas Pria berjuluk Dokter Rakyat ini. (had)