Prof. Widodo Akhirnya Resmi Dilantik Menjadi Rektor UB Periode 2022-2027

Rektor terpilih Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027, Prof Widodo SSi MSi PhD Med Sc menerima ucapan selamat dari Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. usai pelantikan di Gedung Samantha Krida UB, Senin (27/6/2022). (ned)

BACAMALANG.COM – Rektor terpilih Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027, Prof Widodo SSi MSi PhD Med Sc akhirnya resmi dilantik di Gedung Samantha Krida UB, Senin (27/6/2022). Profesor di Fakultas MIPA ini akan memimpin UB secara resmi mulai 28 Juni 2022.

Pelantikan ini dilakukan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UB, Prof Dr Muhadjir Effendy, melalui prosesi sumpah jabatan yang disaksikan seluruh sivitas akademika UB dan tamu undangan.

Ketua MWA Prof Muhadjir Effendy menuturkan, pihaknya mendapat keterangan dari rektor UB sebelumnya, yakni Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R., M.S, bahwa pemilihan dilaksanakan dengan metode musyawarah mufakat, dimana anggota MWA UB yang terdiri dari 17 orang, termasuk Mendikbudristek, memutuskan Widodo sebagai Rektor UB tanpa voting.

“Oleh karena itu saya sangat menyambut baik keputusan ini, mengingat mungkin ini adalah lembaga Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) pertama yang pemilihan rektornya dilakukan secara musyawarah mufakat,” ungkapnya.

Muhadjir menambahkan, proses pemilihan yang dilaporkan Prof Nuhfil tersebut dapat berjalan baik, kompak, tidak ada friksi, sehingga diharapkan sebagai modal awal Prof Widodo untuk bekerja dan mendayagunakan sumber daya maupun potensi yang ada di kampus UB. Hal tersebut menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini sangat penting  karena ada tiga tantangan yang harus dihadapi UB.

“Pertama, bagaimana menjaga UB agar tetap mempunyai kekuatan sebagai lembaga pemabaharu dan pelopor, kedua tentang internasionalisasi, yang kaitannya dengan teknologi yang menuju pada industri hijau atau ramah lingkungan dan berbasis budaya, serta bagaimana mewujudkan peran riil terciptanya kesejahteraan masyarakat semesta,” tandasnya.

Ketua MWA Prof Muhadjir Effendy (kanan) saat menghadiri pelantikan Rektor terpilih Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027, Prof Widodo SSi MSi PhD Med Sc di Gedung Samantha Krida UB, Senin (27/6/2022). (ned)

Sementara Prof. Widodo yang sangat mengapresiasi kepemimpinan Prof. Nuhfil, bertekad akan meneruskan perjuangannya untuk membawa kampus ini mendunia.

“Melalui kejutan prestasi, kekompakan, dan upaya internasionalisasi kampus, serta dukungan SDM luar biasa yang dimiliki UB, saya yakin kita akan mampu terbang untuk mengejar ranking dunia,” tegasnya.

Pelantikan ini dihadiri sejumlah pejabat, diantaranya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, para mantan rektor UB, sejumlah undangan dan sivitas akademika UB. (ned)