Proteksi Keselamatan Anggota, PWI Malang Raya Gandeng BPJS Ketenagakerjaan

Foto: Penansatanganan MoU antara PWI Malang Raya dengan BPJS Ketenagakerjaan. (yog)

BACAMALANG.COM – Berupaya memproteksi keselamatan anggota, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggandeng BPJS Ketenagakerjaan.

“Kerjasama yang dibangun dengan BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu upaya PWI Malang Raya untuk memberikan proteksi terhadap kesehatan wartawan, tapi itu tergantung anggota semua, mau bergabung atau tidak,” ujar Cahyono Kamis (14/10/2021).

Seperti diketahui, organisasi wartawan tertua ini bekerjasama dengan BPJS Cabang Malang Raya melalui Memorandum of Understanding (MoU), mendaftarkan wartawan sebagai peserta BPJS.

Ketua PWI Malang Raya Cahyono, mengutarakan wartawan yang tergabung dalam PWI Malang Raya bisa mendapatkan perlindungan atau jaminan sosial ketenagakerjaan bagi wartawan.

Diharapkan seluruh wartawan yang tergantung dalam Organisasi PWI Malang Raya dapat ikut menjadi peserta di BPJS Ketenagakerjaan karena banyak manfaat yang didapatkan dengan memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang Raya Imam Santoso menyampaikan, BPJS Ketenagakerjaan bisa dimanfaatkan untuk perlindungan wartawan melalui program BPJS Ketenagakerjaan.

“Optimalisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi setiap anggota PWI Malang Raya harus terjamin, karena wartawan sangat rentan dalam melakukan pekerjaan, jadi ini penting diberikan perlindungan,” ujarnya.

Dikatakannya, selain wartawan BPJS Ketenagakerjaan juga memberi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja bukan penerima upah agar mendapatkan jaminan perlindungan sosial.

“Jadi pekerja yang bukan penerima upah atau pekerja yang tidak terikat pada perusahaan juga dijamin keselamatan kerja dari masing-masing individu jika terdaftar. Pekerja bukan penerima upah itu bisa pelaku seni atau pengamen,” pungkasnya. (yog/had)