Pucuk Pimpinan Berganti, Mayor Cpm Dedy Wahyu Siswanto Komandoi Denpom Divif 2 Kostrad

Sertijab Pamen Divif 2 Kostrad di Markas Dandenpom Divif 2 Kostrad. (ist)

BACAMALANG.COM – Tampuk kepemimpinan Detasemen Polisi Militer (Denpom) Divif 2 Kostrad mengalami pergantian dari Mayor Cpm Roby Zulkarnaen, S.I.P., kepada Mayor Cpm Dedy Wahyu Siswanto, S.H. Bertempat di Madenpom Divif 2 Kostrad, Rabu (13/01/2021), Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad S.H., juga memimpin pelaksanaan tradisi laporan korps Pamen dan serah terima jabatan 14 Pamen di Divif-2 Kostrad.

Dalam kesempatan ini, Pangdivif 2 Kostrad menyampaikan bahwa dalam suatu organisasi, mutasi jabatan merupakan hal yang lazim dan biasa terjadi, karena selain sebagai bagian dari rangkaian Tour of Duty dan Tour of Area, alih jabatan juga merupakan tuntutan tugas sekaligus kebutuhan organisasi, dalam rangka pembinaan personel maupun pembinaan Satuan. “Regenerasi kepemimpinan diharapkan dapat membawa ide-ide baru dan mampu menciptakan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi, guna menjamin pelaksanaan tugas pokok Satuan Detasemen Polisi Militer Divisi Infanteri 2 Kostrad,” terangnya.

Acara tradisi ini merupakan suatu bentuk apresiasi dan penghormatan kepada pejabat yang akan meninggalkan Satuan Divif 2 Kostrad, sekaligus menyambut dengan hangat pejabat baru. Dalam acara ini, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad dan pribadi, juga menyampaikan terima kasih kepada Letkol Inf Arif Harianto, Letkol Inf Syafrinaldi, S.E., Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, Mayor Arm Nurul Arizain, S.E., Mayor Cpm Roby Zulkarnaen, S.I.P., Mayor Arm Rianto Hartomo, S.Sos., Mayor Cba Haryo Tedjo serta Kapten Arm Rama Buana Surenggana, S.I.P. atas segala dedikasi, loyalitas dan semangat pengabdian selama berdinas di Satuan Divif 2 Kostrad.

Selanjutnya kepada pejabat baru, Letkol Inf Krisna Pribudi, M.Tr.(Han). beserta istri, Letkol Arm Siswo Budiarto, S.I.P., M.M., M.I.Pol. beserta istri, Mayor Inf Hulisda Melala beserta istri, Mayor Inf Arief Widyanto beserta istri, Mayor Cpm Dedy Wahyu Siswanto, S.H. beserta istri serta Mayor Arm Hary Karyadi, S.E. beserta istri saya mengucapkan selamat bertugas di Divif 2 Kostrad.

Pangdivif 2 Kostrad kembali menekankan bahwa pergantian ini merupakan hal yang wajar, mengingat tantangan ke depan semakin kompleks. Apalagi Divisi Infanteri 2 Kostrad merupakan yang terbesar dan terkuat, ditinjau dari jumlah personilnya dan jumlah materilnya dibanding satuan-satuan setingkat divisi lainnya. “Kalau bicara tantangan, bahwa Divisi Infanteri 2 Kostrad ini ini sudah dari jauh-jauh sebelumnya, kita sudah mempersiapkan diri. Baik itu menghadapi penugasan-penugasan di daerah operasi seperti daerah-daerah yang rawan terhadap konflik,” terang Andi Muhammad.

Selain itu, lanjut dia, juga termasuk penugasan – pengusan di luar negeri. Apalagi hingga saat ini, personil dari Divif 2 Kostrad paling banyak yang bertugas di luar negeri. “Ada yang di Lebanon ya sebagai pasukan perdamaian di sana. Nah, juga ada latihan – latihan yang hampir setiap saat latihan ini penuh dengan dinamika tantangan. Dimana itu waktunya juga cukup lama, ada yang sampai dua sampai tiga bulan,” jelasnya.

Untuk itu, kedepan pihaknya meminta kepada seluruh komandan satuan agar senantiasa mempersiapkan diri, baik fisik mental maupun taktik dan teknik bertempur. “Karena dalam kondisi apapun, kita harus siap untuk digerakkan seperti itu,” tegasnya. (yog)