Pusat Beri Atensi Kabupaten Malang Kasus Covid, Begini Gercep Sejumlah Kecamatan

Caption : Penegakan prokes di Kasembon. (dok pribadi)

BACAMALANG.COM – Atensi tinggi dari pemerintah pusat terhadap penanganan kasus Covid 19 di Malang Raya direspon cepat oleh Forkopimda Malang Raya termasuk Kabupaten Malang.

Sejumlah kegiatan gencar dijalankan dalam upaya menghalau persebaran Covid-19 di Bhumi Ken Arok ini.

Setidaknya ada tiga (3) kegiatan menonjol yang dijalankan secara terstruktur, sistematis, dan massif.

Yakni percepatan vaksinasi massal, operasi yustisi penegakan prokes, dan pemindahan pasien Isoman ke Isoter.

Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Malang gencar melakukan 3 giat tersebut dan berikut laporannya.

VAKSINASI KEDUA KEPANJEN

Pada Kamis 26 Agustus 2021, dilaksanakan Vaksinasi tahap II di tiga desa yaitu, Desa Sengguruh dengan sasaran 362 vaksin. Yang dapat divaksin 305 orang dan yang tidak bisa divaksin 7 orang.

Pelaksanaan vaksinasi di RTH Desa Sengguruh, Desa Jenggolo sasaran vaksin 337, yang divaksin 310 orang dan yang tidak bisa divaksin 3 orang.

Pelaksanaan vaksin di Balai Desa Jenggolo, Desa Curungrejo sasaran vaksin 274, yang dapat divaksin 205 orang dan yang tidak bisa divaksin 11 orang, pelaksanaan vaksin di Balai Desa Curungrejo.

Selama kegiatan berlangsung dipantau
Muspika Kepanjen, Satgas Covid-19 Kecamatan Kepanjen, Tim Vaksinasi Puskesmas Kepanjen, Babinsa dan Bimaspol Desa Sengguruh, dan Desa Jenggolo, dan Desa Curungrejo.

Selain itu Camat didampingi PKH dan TKSK Kecamatan Kepanjen melanjutkan kegiatan penyaluran KKS dan Buku Tabungan PKH di Puskesos Kecamatan Kepanjen. Jumlah sasaran penerima KPM sebanyak 39 KPM, yang hadir 35 KPM dan yang tidak hadir 4 KPM.

OPERASI YUSTISI PAGAK

Operasi Yustisi Pagak dilakukan pada Rabu 25 Agustus 2021 dan penyaluran BLT DD di Balai Desa Sumberkerto juga dilakukan penegakan disiplin prokes operasi Yustisi di Desa Sumberkerto dan Desa Pandanrejo

Dilanjutkan kegiatan pemakaman dengan Protokol Kesehatan (meninggal di RSUD Kanjuruhan) An. Satuni, Dusun Dempok, Desa Gampingan.

Selama kegiatan berlangsung dipantau oleh Muspika Pagak, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Satgas Desa Covid-19 Kecamatan Pagak.

SOSIALISASI PROKES BANTUR

Melaksanakan apel pagi untuk kegiatan
Operasi Yustisi Prokes, juga dilakukan
publikasi terkait PPKM Level 4 di Pasar
Wonokerto.

Dilanjutkan peninjauan Protokol Kesehatan pada Siswa/ Siswi SMAN 1 Bantur yang sedang melaksanakan ujian, untuk ujian dibagi menjadi 3 shift.

Selama kegiatan dipantau oleh Kecamatan Bantur, Polsek, Koramil dan Perangkat Desa.

YUSTISI DAN VAKSINASI KASEMBON

Pada Rabu 25 Agustus 2021 Camat Kasembon Drs.Kasiyanto, M.M bersama satgas Covid 19 Kecamatan Kasembon melaksanakan Operasi Yustisi Prokes pemakaian masker di pertigaan Jalan Mendalan Desa Bayem Kecamatan Kasembon.

Sebanyak 9 orang tidak mengikuti prokes diberi sanksi dan diberi masker oleh petugas.

Selanjutnya camat dan satgas Covid-19 Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Tahap 1 Di UPT Puskesmas Kasembon. Sebanyak 220 orang telah mendapat Vaksin 1 dari 227 orang yang hadir.

YUSTISI, VAKSINASI DAN ISOTER SINGOSARI

Rabu 25 Agustus 2021 Camat Singosari Drs Eko Wakhyudi. M.Si dibantu tenaga kesehatan melakukan penjemputan 4 pasien Isoman di Desa Candirenggo, 2 pasien Di Desa Ardimulyo dan langsung dipindahkan ke isoter Singosari.

Selanjutnya camat memantau Operasi Yustisi Protokol Kesehatan dalam rangka PPKM level 4 di desa Klampok dan monitoring pelaksanaan serbuan Vaksin di Desa Tamanharjo. Sebanyak 570 orang sudah tervaksin dalam acara tersebut.

Terakhir Camat Singosari melakukan kunjungan dan memberikan bantuan sembako kepada warga yang kurang mampu di Dusun Pusung Desa
Wonorejo. (*/had)