PWI Murung Raya Kalteng Kunjungan ke IBU Malang, Sejumlah Pengurus Langsung Daftar Kuliah

Foto : IBU Malang terima kunjungan Pengurus PWI Murung Raya. (yog)

BACAMALANG.COM – Rombongan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Murung Raya Kalimantan Tengah, melakukan kunjungan ke IKIP Budi Utomo (IBU) Malang, Senin (22/11/2021).

Kunjungan dilakukan dalam rangka silaturahmi dan penjajakan kerjasama, dimana Pengurus PWI Murung Raya juga sedang berada di Kota Malang untuk melakukan studi banding ke PWI Malang Raya.

Dalam kunjungannya ke IBU Malang, rombongan PWI Murung Raya didampingi oleh Pengurus PWI Malang Raya yang terlebih dahulu sudah banyak melakukan sinergi dengan perguruan tinggi yang dipimpin Dr Nurcholis Sunuyeko ini.

“IBU Malang ini memang sudah bekerjasama dengan PWI Malang Raya, dan Pak Rektor juga merupakan Pembina di PWI Malang Raya,” terang Cahyono, Ketua PWI Malang Raya.

Dalam pertemuan ini, Cahyono berharap kedepan bisa terjalin kerjasama antara PWI Murung Raya dan IBU Malang. “Karena IBU Ini luar biasa, setiap tahun mahasiswa yang mendaftar seribu lebih. Dari NTT yang mendominasi, karena telah bekerjasama dengan Pemprov disana,” paparnya.

Selain itu lanjut Cahyono, IBU juga menawarkan sejumlah program beasiswa. “Disini juga ada beasiswa, terutama bagi mahasiswa kurang mampu. Kedepan semoga IBU bisa presentasi kepada SMA-SMA yang ada disana (Murung Raya), dengan kerjasama antara PWI Malang Raya, PWI Murung Raya dan IBU,” jelasnya.

Humas IBU Malang, Jazuli yang mewakili Rektorat menyampaikan terima kasih kepada PWI Murung Raya memlih untuk berkunjung ke IBU Malang. “Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami di IBU dapat bermitra dengan wartawan, karena bagaimainapun perguruan tinggi ini perlu literasi digital,” tuturnya.

Ia pun berharap silaturahmi ini berjalan baik, sehingga kedepan bisa terealisasi program-program yang berkaitan dengan dunia pendidikan. “Pak Rektor selau menyampaikan bahwa semangat IBU adalah menggarap yang belum digarap oleh pemerintah di dunia pendidikan,” pungkasnya.

Jazuli menambahkan, selain meningkatkan kompetensi, IBU juga menumbuhkan jiwa humanis dengan Nilai Kebudiutamaan. “Nilai Kebudiutamaan inilah yang menjadi pembada kami dengan perguruan tinggi lain. Kami bersyukur di berbagai daerah banyak yang alumni IKIP Budi Utomo yang sukses, bahkan ada yang menjadi Wakil Menteri Pendidikan di Timur Leste,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Murung Raya, Reno menyebut bahwa kunjungan ini diharapkan menjadi formula dan semangat baru bagi organisasinya dalam meningkatkan SDM.

“Teman-teman (PWI Murung Raya) masih ada yang lulusan SMA, kedepan kita ingin agar semua bisa mendapat gelar Sarjana untuk memenuhi kebutuhan,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, pihaknya merasa yakin bisa bersinergi dengan IBU Malang yang sudah memiliki akreditasi standar nasional. “Dengan Akreditasi yang dimiliki IBU, tentu sudah tidak diragukan lagi. Sehingga nanti ijazah dari para lulusan bisa digunakan seperti saat mendaftar CPNS,” tuturnya.

Reno juga menyebut bahwa Bupati Murung Raya juga punya program bantuan langsung untuk masyarakat di desa yang ingin berkuliah di luar daerah. “Tentu kalau itu bisa kita koneksikan, kami ingin IBU bisa memberikan paparan ke daerah kami. Siapa tau nanti bisa kita gagas kuliah daring, tentu masyarakat ingin yang seperti itu,” sebutnya.

Selain itu, kedepan pihaknya ingin ada tindaklanjut terkait teknis dengan pendatanganan MoU dan lain sebagainya. “Kita sebagai fasilitator ingin kedepan bisa maksimal dalam meningkatkan SDM di Murung Raya,”

Dalam kunjungan ini, dari 10 orang Pengurus PWI Murung Raya yang ikut dalam rombongan sudah 4 orang menyatakan langsung berminat dan mendaftar sebagai mahasiswa baru di IBU Malang. (yog)