Raker MKKS SMK Swasta, Ajak Yayasan dan Kasek Selaras Memajukan Pendidikan di Kabupaten Malang

Foto : (kiri) Ketua MKKS SMKS Rudi Widianto, M.Pd saat memimpin Raker SMK Swasta, dihadiri Muhamad Widianto Kordinator penjaminan mutu dan penilaian SMK Direktorat SMK Kemdikbud. (ist)

BACAMALANG.COM – Dalam rapat kerja Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swata Kabupaten Malang, Kementrian Riset Dikti meminta adanya keselarasan antara pihak yayasan dan kepala sekolah untuk menuju kemerdekaan belajar.

Koordinator Bidang Penilaian dan Penjaminan Mutu SMK Direktorat SMK Kemendikbud Ristek Republik Indonesia, Muhammad Widianto menjelaskan, bahwa yayasan harus selaras dengan kepala sekolah bersatu padu untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan oleh yayasan.

“Ada banyak misi yang diemban yayasan itu berbeda dengan visi kepala sekolah. Ada yayasan yang misalnya sangat membatasi kegiatan seni, tapi kepala sekolah ingin seni, kadang gak bisa selaras. Ada juga kepala sekolah yang ingin menerapkan pembelajaran sistem kelas berputar, anaknya yang jalan ke kelas sana dan kelas sini, tetapi masyarakat tidak bisa menerima itu,” terangnya.

Untuk itu, harapanya dari Raker MKKS SMK Swasta Kabupaten Malang ini nantinya kepala sekolah bisa memiliki  mindset baru dimana sekolah memiliki kebebasan untuk menentukan kompetensi keahlian yang ingin dibuatnya bekerjasama dengan dunia industri.

“Boleh bebas, saya mau jurusan apa, tapi konfirmasi dengan dunia Industri. Nantinya Industri merekomendasi untuk jurusan yang laku dan banyak menyerap tenaga kerja,” tandasnya.

Dengan begitu, lanjut dia, ada kemerdekaan belajar di sekolah, sehingga ada ramuan yang paling cocok dengan kebutuhan kerja dan kearifan lokal bagi masyarakat sekitar.

Sedangkan, Ketua MKKS SMK Swasta Kabupaten Malang Rudi Widianto, M.Pd memaparkan, tujuannya harmonisasi kepala sekolah ini seiring dengan adanya  banyaknya perubahan tema dari Raker MKKS SMK swasta yakni SMK yang siap dengan gelombang perubahan.

Perubahan dalam pendidikan di SMK, lanjut dia, mulai dari kurikulum hingga metode pembelajaran yang bisa terkoneksi dengan pendidikan dan dunia kerja.

“Banyak teman – teman yang belum tahu, sehingga nanti dan kedepan bisa dikembangkan oleh lembaga masing – masing untuk kemajuan pendidikan,” ujarnya.

Dalam Raker MKKS SMK Swasta ini, diikuti sebanyak 124 peserta. Hadir pula Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Drs Arif Chamzah; Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur oleh Kasi Sarana Prasarana, Drs Agus Sukaryanto ST MM ; dan Kordinator Bidang Penilaian dan Penjaminan Mutu SMK Direktorat SMK Kemendikbud Ristek Republik Indonesia, Muhammad Widianto.

“Harapanya dengan raker ini adalah kebersamaan kita bisa ditingkatkan, saling menguatkan vokasi menuju Indonesia hebat sesuai slogannya (Aremania SMK Salam Satu Jiwa, Salam Satu Data bersama MKKS SMK Swasta),” tegasnya.

Isti’ah, Kepala SMK Alam Pujon sebagai peserta Raker MKKS SMK swasta Kabupaten Malang mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini karena ada kunjungan oleh pihak Kemendikbud ke stand – stand pameran demi mendukunga dan memotivasi siswa dalam meningkatkan produknya serta hasil karyanya.

“Harapanya kedepan MKKS lebih maju, membawa peningkatan mutu pendidikan lembaga SMK swasta yang ada di Kabupaten Malang,” harapnya. (yon/red)