Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Diamankan Petugas Kantor Bea Cukai Malang

Ilustrasi rokok ilegal (bea cukai)

BACAMALANG.COM – Ratusan ribu batang rokok illegal yang akan di kirim ke luar Kota Malang berhasil digagalkan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang (KPPBC TMC Malang).

Kepala Kantor Bea Cukai Malang, Gunawan Tri Wibowo melalui Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Malang, Dwi Prasetyo Rini membenarkan hal tersebut.

“Pada Kamis (19/1/2023) sekitar pukul 21.00 WIB, Tim Intelijen dan Penindakan Bea Cukai Malang melakukan patroli penyisiran jalur distribusi rokok ilegal. Di saat itulah, anggota tim kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada sebuah mobil minibus yang membawa ribuan rokok ilegal,” ujarnya, Jumat (20/1/2023).

Dari informasi itulah, tim langsung melakukan penelusuran. Ketika patroli melintas di Jalan Raya Ki Ageng Gribig Kecamatan Kedungkandang, terlihat sebuah mobil dengan ciri-ciri yang sesuai dengan  informasi masyarakat tersebut.

“Anggota tim langsung menghentikan mobil minibus tersebut. Dan di dalam mobil itu, ditemukan rokok tanpa pita cukai (rokok ilegal) dari berbagai merek dengan jumlah 11.300 bungkus dengan total 226 ribu batang. Selain rokok ilegal, kami juga mengamankan dua orang pelaku berinisial SH dan J,” terangnya.

Setelah itu, kedua terduga pelaku berikut barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Malang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut

Dari hasil penindakan itu, total perkiraan nilai barang yang diamankan mencapai Rp 283.630.000 dengan potensi kerugian negara mencapai Rp 151.194.000

“Dari pengakuan pelaku, ribuan rokok ilegal itu akan dikirim ke wilayah Mojokerto. Hingga saat ini, kasus rokok illegal ini masih dalam pengembangan petugas Kantor Bea Cukai Malang,” pungkasnya. (him)