Recovery Lahan Desa Giripurno Pasca Banjir Bandang Batu

Social Movement recovery lahan Giripurno pasca Banjir Bandang Batu. (ist)

BACAMALANG.COM – Sekitar 2 bulan sudah peristiwa bencana banjir bandang terjadi di Kota Batu. Atas adanya peristiwa tersebut hingga kini masih menyisakan dampak yang dirasakan petani yakni adanya kerusakan lahan.

Terkait hal tersebut gabungan berbagai elemen yang tergabung dalam Tajuk Tani menggelar kegiatan bertajuk Social Movement, melakukan recovery lahan di Jurang Susuh Dusun Sawahan, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Selasa (11/1/2022).

Kegiatan ini melibatkan beberapa elemen yaitu : kelompok tani, donasi hijau, petani Desa Giripurno, PDAM Kota Malang, dan lainnya.

Perangkat Desa Giripurno Batu, Munir Andriano, menuturkan pihaknya bersama-sama melakukan recovery ini agar lahan bisa produktif ditanami sayur-sayuran kembali.

“Kami bersama warga, kelompok tani, dinas terkait, dan komunitas petani melakukan pemulihan lahan pertanian yang bagi Kami sangat berguna agar bisa produktif ditanami kembali sayuran untuk bisa dimanfaatkan warga Batu,” tegas Perangkat Desa Giripurno Batu, Munir Andriano.

Berbagai kegiatan yang dilakukan kali ini meliputi gotong-royong, aksi pemulihan lahan, penyerahan stimulus perbaikan lahan, dan penyerahan bantuan sosial. (had)