Resahkan Warga Sumberbrantas, Satlantas Polres Batu Razia Sekumpulan Pemotor di Cangar

Personel Sat Lantas Polres Batu, saat melaksanakan Patroli Patuh Semeru 2022 di wilayah Cangar perbatasan Pacet. (Eko)

BACAMALANG.COM – Menindaklanjuti laporan dari warga masyarakat Dusun Jurangkuali, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Satlantas Polres Batu melaksanakan kegiatan Patroli ETLE-Mobile Incar di wilayah Cangar.

Giat Patroli Patuh Semeru 2022 tersebut dilaksanakan, untuk menertibkan para pengendara motor yang dinilai kerap meresahkan warga masyarakat setempat.

Pasalnya, berdasarkan laporan dari warga sekitar dibuat resah dengan ulah sekumpulan para pemotor yang seringkali dianggap menganggu ketertiban umum, dengan menggeber-geber knalpot brong sembari membunyikan klakson yang saling bersahut-sahutan satu dengan pengendara motor lainnya.

“Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Batu Ipda M. Huda Rohman menjelaskan, jika Operasi Patuh Semeru 2022 yang dilaksanakan di daerah Cangar, berdasarkan laporan dari masyarakat setempat.

“Kami menindaklanjuti laporan dengan turun langsung ke lapangan untuk melaksanakan penindakan kepada para pemotor, yang menganggu kenyamanan warga. Kami melaksanakan giat patroli ini bersama Satgas Gakum dan Satgas Preeventif Sat Lantas Polres Batu, agar pengunjung di sini tertib dalam berlalu lintas,” terang Ipda Rohmah kepada awak media, Minggu (19/6/2022).

Dirinya mengungkapkan, jika dalam pelaksanaannya Sat Lantas Polres Batu melakukan penindakan tegas dengan menerapkan E-TLE, serta himbauan dan edukasi untuk selalu tertib dalam berlalu lintas.

“Kami melaksanakan patroli dengan mobil incar, penindakan ini mengedepankan elektronik. Mobil incar ini akan mengcapture pengendara yang melanggar seperti tidak memakai helm, memakai knalpot brong, tidak dilengkapi dengan spion serta surat-surat kelengkapan berkendara seperti STNK,” tegasnya.

Pihaknya menyebut, jika nantinya para pelanggar yang terdeteksi melalui mobil incar, akan mendapatkan surat konfirmasi dari Sat Lantas Polres Batu.

“Ya, karena datanya kami simpan dan nantinya kami kirimkan surat konfirmasi kepada identitas kendaraan yang tercapture itu. Sehingga, satu atau dua hari akan kita kirim melalui surat itu yang juga ada petunjuk mengenai langkah-langkah untuk menindaklanjutinya,” ujar dia.

Ipda M. Huda Rohman juga menambahkan, jika kegiatan patroli tersebut bakal dilakukan setiap hari libur akan terus selalu dilaksanakan.

“Agar para pengendara motor tertib dalam berlalu lintas, kami agendakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Kita sengaja fokus di Cangar dan perbatasan Pacet, karena di daerah tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar Kota Batu,” imbuhnya.

Pada pelaksanaannya, masih kata Ipda M. Huda Rohman pihaknya juga mengedukasi, sosialisasi kepada para pengunjung maupun wisatawan tentang prokes dan tertib dalam berlalu lintas.

“Kami melaksanakan penindakan dengan pendekatan secara humanis, selain itu kami juga mengimbau agar tetap menerapkan prokes dengan memberikan masker gratis, serta mengedukasi untuk tertib berlalu lintas. Dan bagi pengendara yang tertib, kami juga memberikan reward,” paparnya.

Sementara itu, Purwanto salah seorang warga masyarakat setempat mengaku sangat mengapresiasi dengan digelarnya Patroli Patuh Semeru 2022 di daerahnya tersebut.

“Terimakasih kepada Sat Lantas Polres Batu, karena sudah merespon positif laporan kami. Dengan dilakukan operasi razia tadi bisa membuat shock theraphy kepada oknum pemotor yang sering ugal-ugalan,” ucapnya.

Purwanto juga mengungkapkan, jika pada hari ini pasca operasi berubah 95 persen para pengunjung atau bikers yang datang melintasi wilayah Cangar tersebut.

“Ya, biasanya jam segini sudah seperti sirkuit, tapi sekarang sepi sekali. Situasi berubah drastis mas, tidak seperti biasanya. Karena di jalan terutama di jembatan itu kan selalu full dipadati pengunjung dari luar Kota Batu,” tandasnya. (Eko)