Rilis Lagu Sajojo, Michael J Gandeng Label Musik di Amerika

ist

BACAMALANG.COM – Finalis Indonesian Idol 1, Michael Jakarimilena atau yang akrab dipanggil Michael J melepas single terbarunya berjudul Sajojo. Lagu tersebut dirilis melalui Red White Collective, label rekaman independen di Amerika. 

Sajojo tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Lagu daerah yang berasal dari Papua ini dipopulerkan oleh grup band Black Brothers yang juga berasal dari Papua. Sajojo bercerita tentang seorang gadis yang sangat disayangi kedua orang tuanya dan diperebutkan para lelaki di desanya.

Dalam karya ini, Michael J berkolaborasi dengan label musik di Amerika Serikat, Red White Collective (RWC). Menariknya, warna musik lagu daerah ini dikemas dengan unsur modern elektronik oleh produser-produser muda Yoga Bagaspati, Yusuf Gibran dan Laura Sekar.

Michael J yang dijuluki the ‘Pearl from the East’ mengatakan, “Project Sajojo adalah kolaborasi spesial antara kita sesama anak bangsa yang walaupun terpisah antar beda benua, tetapi pada akhirnya lagu ini dapat rilis setelah melalui proses yang tidak mudah.” 

Laura Sekar selaku Founder Red White Collectivemenambahkan, “Di era globalisasi ini, rasa cinta budaya sendiri menurun di Indonesia. Harapan saya, versi remix lagu daerah ini bisa membangkitkan rasa bangga dan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kekayaan budaya kita.” 

Di tengah isu kontroversi soal keterlibatan artis dari ibu kota sebagai ikon Pekan Olahraga Nasional 2021 di Papua, Michael juga ingin menyemangati anak anak generasi muda di Papua. “Saya mau menyapa khusus saudara-saudaraku anak anak generasi muda milenial di Tanah Papua untuk terus berpengharapan di dalam Tuhan, dan tidak berhenti bermimpi. Percayalah sekalipun kamu masih muda, kamu bisa menjadi teladan dimana saja kamu berada. Teruslah berkarya, tetap kreatif dan semangat pantang menyerah walaupun terlahir jadi anak Papua itu tidak mudah,” ujar penyanyi asal Jayapura ini. 

Lewat Sajojo, Michael J dan RWC berharap kolaborasi ini bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia dan seluruh dunia yang sedang diterpa pandemi. “Semoga lagu ini menjadi semangat untuk terus hidup. Semangat untuk terus kuat, semangat persaudaraan yang rukun, dan semangat untuk bangkit rasa kepedulian bagi sesama, hidup di dalam keberagaman,” ungkap Michael J. (*/G)