Ringankan Korban Gempa, NU Peduli Kabupaten Malang Akan Jalankan MAS MUSTAPA

Caption : NU Peduli Kabupaten Malang bantu korban gempa Malang. (ist)Caption : NU Peduli Kabupaten Malang bantu korban gempa Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Barangkali jika Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari masih hidup, pastinya akan memberikan apresiasi atas kiprah NU Kabupaten Malang dalam meringankan korban gempa lewat jibaku yang ikhlas dan tak kenal lelah.

Usai menjalankan program RUMBAOP (Rumah Bangkit dan Optimis Pulih) NU Kabupaten Malang kembali akan menjalankan program MAS MUSTAPA.

“Program MAS MUSTAPA (Masjid Musholla Terdampak Gempa) ini adalah program bantuan stimulan bagi warga terdampak gempa Malang 2021 terutamanya bagi warga yang rumahnya rusak berat. Ini masih draft dan semoga disetujui dalam musyawarah NU Peduli,” tandas Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim atau LPBI NU Kabupaten Malang, Rurid Rudianto.

Ia menuturkan, bentuk bantuan adalah berupa upah harian selama 5 hari sebesar Rp.70.000,- untuk keluarga yang mau kerjabakti dalam pembangunan kembali Masjid Musholla bagi pekerja laki-laki. Sedangkan bagi ibu rumah tangga perempuan terdampak gempa apabila menyediakan makan, minum dan makanan ringan (snack) akan di berikan bantuan uang sebesar Rp. 100.000,-/paket selama 1 hari dan bantuan sembako.

Selanjutnya Rurid menjelaskan tentang perlunya program ini dibuat. “Program ini disusun dengan berbagai pertimbangan: yakni Membantu mempercepat proses pembangunan Masjid dan Musholla,” tuturnya.

Ia menambahkan, alasan lain adalah memberi kesempatan warga terdampak untuk berpartisipasi dalam pembangunan Masjid dan Musholla.

“Alasan lain adalah membantu warga terdampak gempa untuk mendapatkan pekerjaan sementara serta memutar roda perekonomian warga sekitar,” ungkapnya.

“Sudah banyak pihak lain yang membantu pembangunan masjid dan musholla namun lebih banyak berupa bantuan material, sedangkan kebutuhan tenaga kerja belum banyak terpikirkan,” jelasnya.

Adapun gambaran teknis program yakni program ini akan dilaksanakan dengan 50 paket pertama dengan alur sebagi berikut.

Penerima manfaat diusulkan oleh takmir masjid/musholla diverifikasi oleh Ranting NU divalidasi oleh MWC NU dilakukan pembayaran oleh NU Peduli.

“Kita harus senantiasa bersyukur atas segala karunia Illahi. Kami mengetuk pintu hati para dermawan yang ingin berbagi kepada sesama, yang hingga kini nasibnya memprihatinkan terdampak gempa. Silahkan gabung di NU Peduli Kabupaten Malang,” pungkasnya. (had)