Rumah Sedekah NU Gelar Kegiatan Manasik Umrah Bersama Anak Yatim

Rumah Sedekah NU bersama dengan Biro Umroh PT Kautsar Wisata menggelar manasik pelaksanaan ibadah umrah bersama anak yatim (ist)

BACAMALANG.COM – Rumah Sedekah NU bersama dengan Biro Umroh PT Kautsar Wisata menggelar manasik pelaksanaan ibadah umrah bersama anak yatim.

Manasik dilaksanakan di gedung rektorat lantai 4 kampus Universitas Islam Malang (Unisma) yang diikuti oleh seluruh peserta umrah yaitu anak yatim, mitra Rumah Sedekah NU dan Inisiator Rumah Sedekah NU, K.H. Noor Shodiq Askandar. Umrah bersama anak yatim ini dilaksanakan 12 hari yaitu mulai tanggal 04 Februari 2022 sampai tanggal 15 Februari 2022.

Acara manasik dimulai dengan pembukaan berupa sambutan dari Inisiator Rumah Sedekah NU dan perwakilan Biro Umroh PT Kautsar Wisata Malang.

“Umrah adalah undangan dari Allah SWT, sehingga kita termasuk anak yatim yang berangkat ini diundang oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah umrah di tanah suci. Maka karena Allah yang mengundang, maka Allah SWT menjamin kita yang berangkat dan keluarga yang ditinggalkan. Kita beserta mitra Rumah Sedekah NU akan menjaga anak-anak yatim selama pelaksanaan umrah nanti. Semoga program ini berkah untuk semua peserta dan panitia yang ikut mengurus semua keperluan program umrah,” jelas Inisiator Rumah Sedekah NU, K.H. Noor Shodiq Askandar dalam sambutannya.

Sementara itu perwakilan biro, K.H. Ali Ashari, M.Pd., menyampaikan bahwa manasik ini nantinya untuk mempersiapkan peserta sehingga bisa menjalankan ibadah umrah dengan lancar.

Biro umrah menyampaikan terima kasih kepada Rumah Sedekah NU dan mitra yang sudah mempercayakan biro untuk mengawal program umrah bersama anak yatim ini.

“Ibadah umrah memang bukan pengganti haji namun pahala umrah sama dengan ibadah haji yaitu surga. Semoga ibadah umrah bersama anak yatim ini lancar dan semua peserta diberi kesehatan dan keselamatan,” sambut K.H. Ali Ashari, M.Pd ketika membuka bimbingan manasik umrah.

Acara manasik dilanjutkan dengan penjelasan pokok-pokok materi bimbingan manasik umrah termasuk di dalamnya penjelasan mengenai tata cara memakai busana ihram.

Setelah penjelasan pokok-pokok materi, semua peserta melaksanakan manasik atau praktik langsung rangkaian ibadah umrah oleh semua peserta umrah dengan dibimbing oleh KH. Ali Ashari, M.Pd.

Rangkaian ibadah umrah itu meliputi rukun umroh yaitu: niat/ihram, tawaf, sa’i, tahallul, tertib. Semua peserta melaksanakan manasik sampai selesai dengan bimbingan dari biro umroh. Acara ditutup dengan makan bersama seluruh peserta umrah dan panitia.

“Program umrah bersama anak yatim ini merupakan salah satu program besar dari Rumah Sedekah NU, dimana kita bisa umrah dengan guru kita Gus Shodiq dan anak yatim. Sebelumnya, anak yatim ini sudah melalu proses seleksi sehingga terpilih 9 anak yatim. Harapannya umrah ini, lancar dan berkah manfaat untuk kita semua,” ujar salah satu peserta sekaligus mitra Rumah Sedekah NU yang juga menjadi Koordinator kegiatan, Agus Susanto.

Acara manasik berjalan lancar hingga akhir dan harapannya ketika umrah semua peserta dapat melaksanakan semua rukun umrah dengan sempurna.(*/an)