Sabet Juara 3 PERWIRA, Pak Tukang Gaspol Ingin Beri Kemanfaatan Luas

Caption : Co-founder Paktukang.com, Moh. Rozaqul Anam. (dok pribadi)

BACAMALANG.COM – Sukses menyabet juara terbaik ketiga dari ajang bergengsi Pemuda Wirausaha (PERWIRA) 2021 melalui Millenial Job Center (MJC), Co-founder Paktukang.com, Moh. Rozaqul Anam (24), bertekad terus mengembangkan usaha agar bermanfaat maksimal bagi masyarakat.

“Rencana ke depan akan kami kembangkan sebuah aplikasi, diharapkan makin mempermudah pengguna mengakses jasa Paktukang.com dan memberikan dampak lebih luas bagi masyarakat,” tegas Co-founder Paktukang.com, Moh. Rozaqul Anam, Selasa (7/9/2021).

“Seperti yang disampaikan oleh pak wakil gubernur Bapak Emil Dardak selaku advisor program, setelah program PERWIRA 20 besar akan dipantau terus dan dihubungkan dengan stakeholder sesuai bisnis yang ditekuni,” tegas Anam.

“Yang saya ketahui Program Menjadi PERWIRA sudah dilakukan sejak pertengahan tahun dari mulai awal roadshow di 8 kota di Jawa Timur, penyaringan 250 peserta, hingga menjadi 20 besar yang mendapatkan kelas intensif selama 1 bulan, dan puncaknya Final Day pada 4 September 2021 kami melakukan Pitching kepada para advisor. Hadiahnya yang paling berharga menurut kami adalah mendapatkan program pasca final day bersama para advisor,” tukasnya.

“Kriteria juara tentunya sesuai dengan jargon Perwira yakni Right Person, Right Idea, Right Journey dalam menjalankan bisnis yang kami tekuni,” paparnya.

” Untuk skor saya tidak tahu, menjadi juara 3 cukup mengejutkan bagi saya. Hanya para juri yang menilai yang lebih tau detilnya,” urainya.

Ia menjelaskan sekilas tentang usaha jasa yang ditekuni. “Masalah yang dihadapi masyarakat dalam dunia pertukangan, menyediakan solusi dalam 1 platform Paktukang.com yang tidak hanya menyelesaikan masalah, tapi juga membuka peluang bisnis,” imbuhnya.

“20 Besar yang berhasil menyingkirkan 250 peserta dari berbagai bidang bisnis. Jika ditanya keunggulan kami, maka kami jawab kami lebih unggul di bidang permasalahan tukang daripada yang lainnya,” terangnya.

ADANYA PANDEMI PERMINTAAN MALAH MENINGKAT

Paktukang.com membidangi platform yang bergerak di kebutuhan konstruksi dan bangunan sederhana. Yang mendistribusikan jasa pertukangan bangunan.

Dibandingkan dengan aplikasi lain, Paktukang.com memberikan perhitungan budget PASTI PAS dengan rencana renovasi customer. Dan lebih hemat 10% dibandingkan dengan jasa konvensional serta lebih transparan.

“Harapannya program PERWIRA take off dapat kami jalani dengan baik, bertemu dengan stakeholder yang membantu perkembangan Paktukang.com. dan semoga PERWIRA tahun 2022 diadakan sehingga membangun ekosistem wirausaha dan berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi Jawa Timur,” tambahnya.

“Paktukang.com lahir Februari 2020, Maret 2020 langsung kena PSBB. Awalnya kami pesimis, namun yang terjadi malah ada peningkatan permintaan untuk jasa renovasi minor. Alhamdulillah Paktukang.com bisa survive hingga saat ini,” imbuhnya.

Omset kotor per bulan tahun 2020 Rp 20-40 juta. Kalau tahun 2021 kurang lebih Rp 80 – 100 juta per bulan.

Ia menjelaskan belum menyediakan aplikasi untuk jasa ini. “Belum tersedia aplikasi, namun saat ini bisa diakses melalui website www.paktukang.com,” imbuhnya.

SEBARAN KLIEN

Untuk klien tersebar di daerah Malang Raya. Total request selama tahun 2021 ada lebih dari 240 request. Sempat menangani di Mojokerto dan Pasuruan.

Jasa yang ditawarkan adalah perbaikan sederhana seperti membetulkan kebocoran atap, perbaikan dinding yang lembab, pembuatan meja kerja, karena banyak aktifitas di rumah, mereka cenderung ingin suasana baru di rumah mereka.

“Untuk platform lain sebenarnya sudah ada yang serupa, namun kami percaya dengan value yang kami miliki kami dapat memenangkan kompetisi tersebut,” tuturnya.

Untuk tarif jasa beragam, karena pekerjaannya per item misalkan untuk pengecatan per meter mulai Rp 20 ribu atau pembetulan kebocoran atap ringan mulai Rp 50 ribu.

Bagi yang ingin mengetahui terkait usaha jasa ini bisa menyimak di : Fanspage : fb.com/paktukangdotcom
Instagram : @paktukangdotcom. (had)