Sah! Erik Setyo Dilantik sebagai Sekda Kota Malang

Foto: Pelantikan Sekda Kota Malang. (ist)

BACAMALANG.COM – Walikota Malang, Drs H Sutiaji akhirnya melantik Erik Setyo Santoso sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang. Erik sebelumnya merupakan Kepala Kepala DisnakerPMPTSP Kota Malang.

Pelantikan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini, dihadiri Forkopimda. Diantaranya Kajari Andi Darmawangsa, Dandim 0833 Letkol Arm Ferdian Primadhona, Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika hingga Kapolresta Malang Kota Leonardus Simarmata. Selain itu juga hadir Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim Nurkholis yang sekaligus sebagai Ketua Tim Pansel Sekda.

Dalam sambutan singkatnya, Sutiaji meminta agar Sekda terpilih dapat menjalankan tugas dengan baik karena kedepannya tugas berat sudah menanti. “Dilingkup ASN ini Sekda adalah dirijen. Dan yang namanya dirijen harus memahami anggotanya, dan anggotanya harus taat kepada dirijen,” ungkap Sutiaji.

Seperti diberitakan sebelumnya, jabatan Sekda Kota Malang yang sebelumnya diisi oleh Wasto telah berakhir pada 1 Maret 2021 lalu. Selanjutnya, jabatan ini diisi oleh Penjabat (Pj) Sekda Hadi Santoso yang notabene ia merupakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang.

Untuk mencari penggantinya, Pemkot Malang melakukan seleksi terbuka calon Sekda Kota Malang. Hingga akhirnya, mengerucut tiga calon yang bertarung di uji publik pada Kamis (8/4/2021) lalu. Mereka antara lain yakni Erik Setyo Santoso (Kepala DisnakerPMPTSP Kota Malang), Subkhan (Kepala BKAD Kota Malang) dan Handi Priyanto (Kepala Bapenda Kota Malang). (yga)