Salma Arshanty, Ingin Semakin Konsisten dalam Berkarir

Caption : Salma. (ist)

BACAMALANG.COM – Banyak asa dan harapan tersemat dalam dada milenial seiring pandemi yang makin melandai. Demikian pula asa dari Salma Arshanty, penyanyi milenial asal Kota Batu yang ingin semakin totalitas dan konsisten dalam berkarir.

“Saya ingin mengasah skill agar makin profesional. Semoga bisa terwujud. Sampai sekarang sudah banyak pengalaman di dunia seni vokal,” terang dara cantik kelahiran Malang, 16 Januari 2003 ini.

Salma yang kini duduk di kelas 12 SMAN 01 Kota Batu ini, memang memiliki banyak pengalaman di dunia tarik suara. “Iya, kebetulan saya punya beberapa prestasi di bidang bernyanyi atau dunia tarik suara,” urai gadis yang tinggal di Jalan Dewi Sartika Perum Sartika Hill Kota Batu ini.

Penyanyi muda berbakat ini juga langganan tampil di TV lokal. “Saat saya TK hingga SMP di progam ngabuburit disitu saya membawakan beberapa lagu rohani. Ketika SD saya juga pernah masuk TV lokal yang sama karena menjadi mayoret drumband. Hingga SMA kemarin saya tampil di salah satu berita nasional karena saya menjadi soloist di Gedung Grahadi Jawa Timur untuk acara HUT Jawa Timur, dan juga virtual kolaborasi karena Covid 19 bersama teman-teman saya FL2SN di TV edukasi,” terangnya.

Ia menceritakan, mulai suka olah vokal sejak PAUD. “Saya bermusik mulai saya duduk di PAUD, mulai dari sebagai perwakilan lomba antar kelas, antar sekolah, kota, hingga provinsi,” ungkapnya.

Aktivitas tarik suara

Saat PAUD, ia mulai bernyanyi di TV lokal hanya saat bulan Ramadhan dan mengisi acara ngabuburit bersama. Saat TK ia mulai mengikuti lomba antar sekolah dan mewakili kotanya dalam event HAN (Hari Anak Nasional) sampai tingkat provinsi dengan peringkat harapan 3.

Selain itu, saat SD ia dua kali menjadi perwakilan sekolah dan kota dengan event yang sama (HAN) lolos hingga provinsi. Ketika SMP ia pun bergabung di grup vocal group sekolah dan paduan suaranya. Ia lolos hingga provinsi.

Tidak hanya itu saja, bahkan ketika SMA ia bergabung dalam group paduan suara dengan prestasi medali perak untuk kategori dewasa dan dia merupakan peserta termuda saat itu.

Pada September 2019 lalu, ia sempat mengikuti ajang FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) yang melalui beberapa tahap yaitu mewakili sekolah, kota, provinsi. Ia pun berhasil lolos hingga nasional dan alhamdulillah dia mendapat medali emas (peringkat 1) dari perwakilan provinsi di indonesia.

Kiprah Salma ini pun berlanjut pada Oktober tahun lalu dalam event HUT Jatim ke -74, karena menjadi Soloist karena prestasi nasional.

Saat ini, ia juga sedang menjadi brand ambassador salah satu klinik kecantikan di Solo Jawa Tengah.

Ia sering diundang atas nama pribadi Salma untuk mengisi beberapa event di Batu.

Ia juga pernah diundang event besar di Malaysia Pembukaan Orchid Show. Yakni acara pameran Anggrek internasional di Malaysia, dan diundang untuk mengisi di pembukaan acaranya.

Ia mempunyai penyanyi idola yaitu Raisa, Ariana Grande, dan Tiara Andini. Diceritakannya, saat ini menjalani proses launching Single bekerjasama dengan beberapa musisi di Batu.

Dampak pandemi

Ia mengatakan adanya pandemi cukup berdampak. “Karena penyanyi adalah profesi yang bersifat menghibur, sehingga Kita pasti membutuhkan audience untuk dihibur, disaat pandemi ini. Saya hanya bisa berkarya secara online atau sosmed saja, seperti upload cover, mengikuti beberapa audisi online, dan juga mengisi beberapa event virtual,” imbuhnya.

Ia mempunyai harapan ke depan, yaitu semoga pandemi segera berlalu dan menekuni profesi penyanyi.

Meneruskan Studi

Ia berencana melanjutkan kuliah di Jawa tengah antara memilih UGM dan UNDIP.

Ia mengatakan saat ini sedang menjalani ujian sekolah yakni ujian akhir kelas 12 untuk penentuan kelulusan sekolah.

“Semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu, saya bisa terus berkarya, dan bisa menjalankan hobi, profesi, dan kegiatan-kegiatan saya seperti dahulu lagi. Bagi yang mau lihat profil bisa mengunjungi IG : @salma_arshanty
Youtube : Salma Arshanty Official,” pungkasnya. (had)