Sambangi Peternakan Lele di Turen, Lembaga Ini Sampaikan Pentingnya Sinergi Majukan UMKM

Seven Management 99 kunjungi peternakan lele di Turen. (ist)

BACAMALANG.COM – Peran UMKM dinilai sangat penting dalam membangkitkan perekonomian rakyat di tengah pandemi. Untuk itu, Seven Management 99 Malang ikut bergerak dengan mengunjungi peternakan lele milik Ahmad Rodzi di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Sabtu (01/1/2022).

Ketua Seven Management 99, Muh. Buswari mengatakan, pihaknya sebagai lembaga independen ingin lebih mengenal para pelaku usaha, khususnya  yang masuk kategori usaha mikro dan kecil.

“Ini dalam upaya agar UMKM dapat naik kelas serta produknya dapat menjadi produk unggulan dan dikenal baik secara nasional dan Internasional (pasar ekspor),” terangnya.

Ia melanjutkan, hal ini akan dilakukan lembaganya melalui program pendampingan dengan melakukan sinergitas 5 pilar meliputi : pihak pemerintah daerah (dinas terkait), pihak akademisi, pihak birokrasi (DPRD), pihak pelaku Usaha serta pihak Peneliti.

Ada beberapa point penting yang  disampaikan dalam kunjungan ini. Yakni pentingnya program pendampingan UMKM untuk dapat naik kelas, melalui kelengkapan legalitas, pembukuan, hingga membantu pemasaran produk baik offline maupun secara online secara berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua Pokdakan Sumber Lele Wo, Ahmad Rodzi mengatakan dirinya merespon kunjungan tersebut. “Kami sangat menaruh harapan kepada Seven management 99 selaku lembaga independen yang bergerak di bidang manajemen UMKM agar serius dan fokus mengambil langkah yang konkret untuk mendorong serta mendampingi UMKM bisa naik kelas,” tuturnya.

Ia menambahkan, perlunya dilakukan sinergitas 5 pilar secara nyata dan berkelanjutan bukan hanya sekedar menjadi wacana saja, dengan duduk bersama di suatu forum yang melibatkan 5 pilar tersebut, meliputi Pemerintah Daerah, Akademisi, Dewan (DPRD), Pelaku Usaha
dan Peneliti. “Semoga kunjungan ini bisa membawa kemanfaatan bersama,” pungkasnya. (had)