Sambut HUT RI ke-76, Ini yang Dilakukan Polres Batu

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH, saat memimpin ptosesi upacara pedistribusian bendera merah putih kepada anggota Bhabinkamtibmas. (Eko)

BACAMALANG.COM – Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH memimpin upacara pedistribusian bendera merah putih kepada anggota Bhabinkamtibmas untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat.

Upacara itu digelar di halaman Mapolres Batu, Jalan AP lll Katjoeng Permadi, No.16, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Senin (16/8/2021).

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MH menjelaskan, bahwa hal itu dilakukan dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-76.

“Kami (Polres Batu-red) melaksanakan giat ini, sebagai bentuk dalam menggelorakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Polres Batu secara serentak melalui Bhabinkamtibmas, membagikan 76.000 bendera merah putih kepada masyarakat,” terang Catur sapaan akrabnya.

Mantan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim ini menambahkan, ribuan bendera merah putih tersebut dibagikan menindaklanjuti intruksi dari Polda Jatim.

“Gerakan serentak Polda Jatim berbagi 76.000 bendera merah putih untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Itu mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik,” imbuh dia.

Perwira Polisi dengan pangkat dua melati dipundaknya ini juga menegaskan, jika hal itu sebagai bagian dari wujud menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

“Jadi maksud dan tujuan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat ini, guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menggelorakan semangat kemerdekaan di tengah masa wabah pandemi Covid-19, sehingga dapat terwujud Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” paparnya.

Orang nomor satu di jajaran Polres Batu ini mengungkapkan, bendera merah putih tersebut diperoleh hasil membeli dari para pelaku UMKM, maupun penjual bendera merah putih yang ada di Kota Batu.

“Kami sengaja membeli dari penjual bendera di Kota Batu, untuk membantu membangkitkan perekonomian para pelaku usaha, guna mendukung program pemulihan ekonomi Nasional,” tukas dia.

Diuraikan Catur, teknis dan mekanisme pelaksanaannya, nantinya anggota Bhabinkamtibmas yang membagikan bendera merah putih tersebut kepada masyarakat.

“Ya, nanti anggota kami Bhabinkamtibmas membagikan kepada masyarakat dan mengganti apabila bendera merah putih milik masyarakat sudah usang, sesuai dengan wilayah tugasnya masing-masing,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, prosesi upacara penyerahan secara simbolis bendera merah putih oleh Kapolres Batu itu, melibatkan para perwira di jajaran kepolisian Polres Batu dan anggota Bhabinkamtibmas di wilayah hukumnya masing-masing, untuk kemudian dibagikan kepada segenap lapisan masyarakat yang ada di wilayah hukum Polres Batu. (Eko)