Sandingkan Siadi dan Tyas Sujud Pribadi, Golkar Tunggu Koalisi

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang dari Golkar, Miskat (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Dewan Pimpinan Pusat atau DPP Partai Golkar akhirnya mengeluarkan rekomendasi bakal calon sementara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang 2020.

Rekomendasi itu memang bersifat sementara, dan kemungkinan bisa mengalami perubahan kedepan. DPP Golkar sementara ini menjatuhkan pilihan kepada Ketua Dewan Perwakilan Daerah atau DPD Golkar Kabupaten Malang, Siadi. Siadi diusung sebagai bakal calon Bupati Malang.

Sedangkan untuk wakilnya, DPP Golkar menambatkan hati kepada istri mantan Bupati Malang, Sujud Pribadi, yaitu Martiyani Setyaningsih alias Tyas Sujud Pribadi.

Rekomendasi dari DPP Golkar tersebut diketahui turun pada Sabtu (21/3/2020).

Meskipun rekomendasi telah turun, namun Golkar Kabupaten Malang masih was-was. Pasalnya, jika tidak menggandeng partai politik yang lain, Golkar tidak dapat mengusung calon sendiri.

Hal ini disebabkan, Golkar hanya memiliki 8 kursi di legislatif. Jika ingin mengusung calon sendiri, syaratnya harus memiliki minimal 10 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD.

Golkar sendiri mengklaim sudah mendapatkan dukungan dari Partai Hanura. Hanura diketahui memiliki satu kursi di legislatif. Dengan itu, maka Golkar sudah memiliki modal 9 kursi.

“Nunggu Gerindra. Ini sedang ‘deal-deal’-an,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang Fraksi Golkar, Miskat, Jumat (27/3/2020).

Menurut Miskat, sejumlah alternatif sudah disiapkan pihaknya, jika Gerindra enggan diajak berkoalisi.

“Alternatifnya Demokrat atau NasDem,” terangnya. (mid/yog)