Sebulan Aksi Kemanusiaan, UNS dan Unair Tarik Relawan Semeru

Sukarelawan UNS menyerahkan APD. (ist)

BACAMALANG.COM – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan penarikan Satuan Tugas (Satgas) Bencana Semeru UNS. Penarikan tersebut berlangsung pada Sabtu (8/1/2022) di lokasi terdampak erupsi di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang dipimpin Wakil Rektor III, Prof. Kuncoro.

Penarikan ini dilakukan dengan simbolisasi pemberian Alat Pelindung Diri (APD). Tim sukarelawan UNS tersebut terdiri atas unsur komponen medis, trauma healing, dan rescuer.

Wakil Rektor III, Prof. Kuncoro menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. “Fokus Kami setelah ini pada pemulihan pasca bencana. Selanjutnya Kami mulai berkoordinasi dengan Pemda setempat. Kira-kira semampu Kami bisa membantu apa dalam penanganan pasca bencana, terutama di area relokasi yang jadi hunian sementara yang nantinya akan menjadi hunian tetap,” tutur Prof. Kuncoro.

Sementara itu, Sukarelawan medis dari Fakultas Kedokteran FK Unair Surabaya
yang fokus pada penanganan kesehatan dan trauma healing pengungsi bencana Semeru yang sejak 5 Desember 2021 akhirnya kembali ke Surabaya.

Relawan total merawat pasien sebanyak 986 orang yang tersebar di berbagai posko pengungsian. Rata rata pasien yang ditangani mengalami gangguan penyakit ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas, batuk pilek hingga hipertensi. Selain pelayanan kesehatan para relawan juga bergerak cepat dalam proses trauma healing kepada warga terdampak bencana Semeru, baik anak-anak maupun orang dewasa. (*/had)