Sehari Jelang Coblosan, Aparat Keamanan Jamin Kabupaten Malang Kondusif

Dandim 0818 bersama Kapolres Malang meninjau kesiapan pasukan pengamanan TPS di Stadion Kanjuruhan Kepanjen (Dhimas)

BACAMALANG.COM – Aparat keamanan menjamin situasi wilayah Kabupaten Malang masih kondusif sehari menjelang pemungutan suara.

Hal ini dikatakan Dandim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu, Letkol Inf Yusub Dody Sandra disela-sela apel gelar pasukan pengamanan TPS di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Selasa (8/12/2020).

“Saat ini masih kondusif dan aman. Kita harus tetap waspada untuk mengantisipasi konflik antar pendukung pasangan calon, intimidasi dan sabotase,” kata Yusub.

Yusub juga menekankan terkait netralitas aparat keamanan. Ditegaskannya pula, pengamanan Pilkada adalah tanggungjawab besar yang harus dijalankan segenap jiwa dan raga.

“Kita memiliki tanggungjawab besar, tugas pengamanan yang kita akan laksanakan adalah suatu kebanggaan. Tetap jaga netralitas TNI-Polri. Netralitas adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi,” ucap Yusub.

Terpisah, Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar menyampaikan, ada 834 personil gabungan kepolisian yang akan terlibat dalam pengamanan TPS di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

“Ada 434 dari anggota Polres Malang, kemudian di backup 125 orang dari Polres Lumajang, 75 pasukan dari Polresta Malang Kota, dan 100 orang dari Polda Jawa Timur. Nanti itu semua akan kita libatkan untuk pengamanan di TPS dan untuk memonitor setiap dinamika yang terjadi. Dari Kodim tadi juga ada kita libatkan 150 personil. Kita juga punya pasukan Brimob yang stay di Mapolres Malang, jika sewaktu-waktu terjadi suatu koinsidensi atau kejadian darurat lainnya kita akan kirimkan,” tutur Hendri. (mid/yog)