Sekolahkan Bocah Penjual Keripik di Lawang, Ketua ARELA: Semoga Menginspirasi Masyarakat Peduli Pendidikan

Ketua Komunitas Arek Lawang (ARELA), Bastian Nova Pratama, menyambangi bocah penjual keripik Lawang untuk dibantu disekolahkan. (Dok Arela)

BACAMALANG.COM – Bantu sekolahkan bocah penjual keripik di Lawang, Ketua Komunitas Arek Lawang (ARELA), Bastian Nova Pratama berharap bisa menginspirasi masyarakat peduli pendidikan anak-anak yang kurang mampu.

“Menindaklanjuti postingan tentang kakak-adik penjual keripik yang tidak sekolah di Pasar Lawang, alhamdulillah kami sudah sambang ke rumah adik tersebut,” tegas Bastian, kepada BacaMalang.com, Kamis (20/7/2023).

Dikatakannya, pihaknya mendapatkan data lapangan yakni Ibu adik tersebut adalah Nurhayati (penjual keripik) dari Gombong (Kebumen), bersuamikan Abdulgani (pengamen keliling), dan anak masing-masing : Dani (16), Fitra (15), Andi Hermansyah (6), Udin (4), dan Yuda (3).

Semuanya tidak ada yang bersekolah karena tidak mampu, identitas adminstratif asli sudah hilang, menetap dengan kos bulanan di Kampung Baru Lawang.

“Kasihan mereka takut disekolahkan. Karena dikira dimasukin panti. Takut gak bisa bantu mamanya,” urai pria yang juga musikus ini.

Diungkapkannya, pihaknya berupaya membantu pengurusan data administrasi kependudukan agar mereka bisa sekolah.

Dijelaskannya, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan perangkat desa setempat untuk membuatkan data kependudukan / domisili, serta mencarikan sekolah yang bisa menerima mereka.

Ia mempunyai saran untuk masyarakat, yakni supaya masyarakat lebih sensitif terhadap lingkungan sekitar. “Agar tidak ada anak-anak yang putus sekolah di sekitar kita,” tutur pria pemilik usaha kuliner Kebab Razak ini.

Ia berharap agar segala urusan terkait keperluan sekolah mereka cepat beres.
“Harapannya semoga lekas mendapatkan data kependudukan, agar bisa sekolah dan mendapatkan pendidikan kembali. Semoga bisa mengangkat derajat orang tua serta keluarganya,” pungkasnya.

Pewarta : Hadi Triswanto
Editor/Publisher : Aan Imam Marzuki