Sengketa Tanah dan Ruko di Wajak Berakhir Damai

Kuasa hukum Subiatin dari Kantor Hukum AsLaw, Agus Subyantoro SH (paling kiri) berjabat tangan dengan perwakilan Kanindo Syariah sebagai tanda kesepakatan damai (ist)

BACAMALANG.COM – Perkara sengketa tanah dan bangunan ruko di Desa Codo — terdahulu disebutkan di Desa Blayu — Kecamatan Wajak berakhir damai.

Hari ini, pemilik tanah dengan Sertifikat Hak Milik nomor 0212 atas nama Subiatin yang diwakili kuasa hukumnya dari Kantor Hukum AsLaw, Agus Subyantoro SH, bertemu dengan pihak Kanindo Syariah, yang selama ini memanfaatkan lahan dan bangunan ruko tersebut.

Pada pertemuan ini, Kanindo Syariah diwakili Kepala Cabang Koperasi Kanindo Syariah, Wahyu Setiono bersama kuasa hukumnya, Suhariyanto SH.

“Dengan adanya perdamaian ini maka permasalahan atau perkara antara Bu Subiatin dan Kanindo dianggap selesai,” kata kuasa hukum Subiatin, Agus Subyantoro SH, Sabtu (24/4/2021).

Pria berkacamata menambahkan, adanya kesepakatan ini ditandai dengan pelepasan spanduk atau banner yang terpasang pada bangunan, pencopotan rantai pada pintu bangunan serta penyerahan kunci pintu utama dari pihak Kanindo.

Meskipun Subiatin dan Kanindo bersepakat untuk damai, namun lanjut Agus, perkara lain pada objek yang sama masih tetap berjalan.

“Laporan Bu Subiatin terhadap Bu Sutijem cs tetap berlanjut. Begitu pula laporan Kanindo terhadap Bu Sutijem juga tetap mengikuti proses hukum yang masih berjalan di Polres Malang. Bu Sutijem ini selaku pihak penjual, padahal sudah jelas yang memiliki SHM adalah Bu Subiatin. Jadi, diduga Bu Sutijem ini melakukan penipuan dan penggelapan,” terang pria yang juga Ketua BBHAR PDI Perjuangan Kabupaten Malang.

Terakhir, Agus menyampaikan, pihaknya masih menunggu proses penyidikan di Polres Malang terkait perkara dengan Sutijem itu. “Masih berlanjut dan memasuki gelar perkara di Polres Malang,” pungkasnya. (mid/red)