Setelah Dua Tahun Vakum, Pomprov Jatim 2022 Jadi Pemanasan Atlet Tarung Derajat di Pomnas

Ketua Umum Pengprov Kodrat Jatim, Bambang Haryo bersama para juara di Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi Jawa Timur di GOR Pertamina UB, Minggu (27/3/2022). (BBL)

BACAMALANG.COM – Setelah dua tahun vakum, Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Timur digelar tahun 2022 ini.

Salah satu cabor yang digelar ialah Tarung Drajat dan tempatnya berada di Gedung Olahraga Pertamina Universitas Brawijaya, Minggu (27/3/2022).

Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Jawa Timur, Mu’ariffin menjelaskan ajang Tarung Derajat pertama setelah vakum selama pandemi ini untuk mengoptimalkan potensi mahasiswa dalam olahraga bela diri itu.

“Ini momentum tepat bagi mereka agar potensi olahraganya lebih tereksplore,” kata dia.

Selain itu, tujuan digelarnya pertandingan Tarung Derajat di UB ini untuk menjaring atlet-atlet yang diperdiapkaan pada gelaran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional.

Pemenang di gelaran atlet mahasiswa se-Jawa Timur ini yang menang akan dilirik oleh Bapomi untuk bertanding di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional bulan November 2022 mendatang.

“Ini sudah terlihat untuk tarung derajat potensialnya. Dan itu kami catat dan kami sandingkan dengan jagoan-jagoan dari pengurus provinsi dengan syarat adalah mahasiswa dan usia tidak lebih dari kelahiran tahun 1999,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Umum Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Timur, Bambang Haryo mengamini. Katanya kompetisi kali ini juga digunakan untuk seleksi atlet di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional nanti.

“Seleksi ini sangat ketat dan ditampilkan atlet petarung yang terbaik,” kata dia.

Dia mengatakan, di kejuaraan olahraga mahasiswa nasional itu, Jawa Timur harus meraih kejayaan kembali. Bambang menargetkan kontingen Jawa Timur di kejuaraan tersebut menjadi juara umum.

“Karena kami pernah juara umum dua kali. Satu di Makassar dan satu di Aceh. Jadi untuk mengejar ketertinggalan di tahun 2019 itu kami lakukan seleksi sejak dari sekarang,” tuturnya.

Bambang menambahkan, Pemusatan Latihan pun akan dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas atlet Tarung Derajat nantinya.

“Ini saya yakin akan lebih jika dilakukan pemolesan selama tiga bulan. Potensi yang bertanding hari ini luar biasa. Nantinya pemusatan latihan akan kami lakukan. Dengan melakukan zonasi terlebih dahulu di Banyuwangi, Malang, KediriĀ  dan Surabata. Setelah itu kami sentralisasi (kumpulkan),” tutupnya. (BBL)