Siasati Musim Kemarau, SPAM Anyar Dibangun di Segaran

Bupati Malang,HM Sanusi didampingi Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan SPAM di Desa Segaran (ist)

 
BACAMALANG.COM – Pemerintah Kabupaten Malang melalui Perusahaan Umum Daerah Tirta Kanjuruhan membangun Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM baru di Desa Segaran, Kecamatan Gedangan.

Pembangunan SPAM ini untuk menyiasati kelangkaan air bersih ketika musim kemarau berkepanjangan melanda.

“Pembangunan SPAM itu nantinya untuk mengatasi Kekeringan di wilayah Malang Selatan,” ujar Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, Kamis (10/6/2021).

Peletakan batu pertama oleh Bupati Malang, HM Sanusi pada Rabu (9/6/2021), sebagai tanda dimulainya pembangunan SPAM di Segaran.

“Kami berharap ketersedian air bersih itu, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seiring dengan mudahnya masyarakat Malang Selatan mendapatkan air bersih melalui pembangunan SPAM tersebut,” tutur Syamsul.

Syamsul merinci, SPAM Segaran ini mendapat pasokan air bersih dari Sumber Mata Air Kaligoro. SPAM ini nanti dapat mengalirkan air sebesar 150 liter per detik, dari kemampuan maksimal 400 liter per detik.

Tidak hanya menopang kebutuhan air bersih di Gedangan, diharapkan SPAM ini mampu menyuplai air bersih untuk wilayah tetangga. Seperti Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

“Jika bak penampung air selesai dibangun, maka masyarakat Malang Selatan tidak lagi kekurangan air bersih saat musim kemarau,” ungkap Syamsul.

Terakhir, pembangunan SPAM baru ini diperkirakan menelan anggaran mencapai Rp 102 miliar. Anggaran pembangunan diambil dari dana penyertaan Pemkab Malang. (mid/red)