Sikapi Kasus Covid-19 Naik di Kota Malang, Masyarakat Diminta Ikuti Vaksinasi dan Prokes

Walikota Malang Drs. H. Sutiaji saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi pelajar di SMAN 2 Kota Malang, Rabu (4/8/2021). (ist)

BACAMALANG.COM – Masyarakat Kota Malang diimbau untuk segera mengikuti vaksinasi, jalankan prokes dan terapkan perilaku hidup sehat (PHBS) untuk menyikapi kenaikan kasus Covid-19.

“Jika dibandingkan satu pekan sebelumnya penambahan kasus harian Covid-19 berada dikisaran satu hingga dua kasus. Bahkan pernah tidak ada penambahan kasus harian Covid-19. Peningkatan ada, tapi itu biasa. Rata-rata mungkin sampai tiga kasus,” tegas dr Husnul Mu’arif, Kamis (23/6/2022).

Untuk diketahui, kasus Covid-19 di Kota Malang mulai mengalami peningkatan dalam satu pekan terakhir ini. Berdasarkan data rekapitulasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) pada Rabu 22 Juni 2022 kasus harian mengalami penambahan sebanyak empat orang. 

Hingga saat ini, total jumlah kasus aktif Covid-19 di Kota Malang sebanyak 12 kasus. Dari sejumlah tambahan kasus harian ini kata Husnul adalah warga Kota Malang yang berdomisili di luar daerah. “Namun diantara penambahan itu adalah warga Kota Malang tapi domisili di luar Kota Malang,” katanya. 

Untuk terus mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Malang, Dinkes mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker meskipun sudah ada kebijakan pelonggaran. “Lalu Kami tetap melakukan testing, tracing dan treatment jika ada yang terinfeksi Covid-19,” ujarnya.

Selain itu vaksinasi juga terus dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat. Hingga saat ini capaian vaksin booster di Kota Malang di angka 42 persen. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa masyarakat harus tetap waspada terkait penyebaran Covid-19 meski sudah ada kebijakan pelonggaran pembatasan aktivitas. “Artinya bahwa ini sudah menuju ke endemi, tapi masyarakat tetap harus waspada,” pungkasnya. (*/had)