Siswa SDN 6 Sumberpucung Juarai KSN Matematika Tingkat Kabupaten Malang

Muhammad Garicko Putra Gusti Widyanto, siswa kelas 5 SDN 6 Sumberpucung saat foto bersama Kepala SDN 6 Sumberpucung. (foto: ist)

BACAMALANG.COM – Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tahun 2021 Matematika tingkat Kabupaten Malang telah sukses digelar. Tahun ini, siswa SDN 6 Sumberpucung mampu menyabet juara 1 meskipun dengan persiapan yang terbilang sangat mepet sekali.

Lilik Srianah, Kepala SDN 6 Sumberpucung menjelaskan, siswanya bisa juara 1 KSN Tahun 2021 Matematika tingkat Kabupaten ini adalah berkat dari kerjasama para guru dan semua stakeholder lembaganya dalam memajukan dunia pendidikan.

“Dua minggu sebelum lomba, siswa dibimbing atau istilahnya dibina oleh
Bu Novi untuk mengerjakan soal – soal Matematika seperti pembelajaran pada umumnya mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB,” ungkapnya.

Selain itu, siswanya juga dibina guru tingkat kecamatan sehingga memperoleh hasil yang memuaskan bagi Korwil, Penilik, Komite dan semua wali murid SDN 6 Sumberpucung. “Waktunya memang sangat mepet, tapi saya bangga. Meskipun mepet bisa juara satu lomba matematika bisa membawa nama baik lembaga dan Sumberpucung,” pungkasnya.

Ia pun berharap, pada kompetisi tingkat propinsi nantinya bisa sukses dan mendapatkan juara 1 hingga bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Muhammad Garicko Putra Gusti Widyanto, siswa kelas 5 SDN 6 Sumberpucung mengatakan, persiapannya sebelum lomba KSN adalah dengan belajar secara intens di dampingi guru pembina dua minggu menjelang lomba. “Setiap hari belajarnya menyelesaikan soal latihan tugas, baik yang pekerjaan rumah ataupun tidak adan PR,” tukasnya.

Bagus, sapaan akrabnya setiap hari ini adalah putra dari pasangan Wahyu Bagus Widianto dan Ika Santi. Setiap belajar, kedua orangtuanya ini ikut membantu dalam menyelesaikan soal tugas dari kelasnya. “Prinsipnya, ada PR nggak ada PR saya tetap mengerjakan soal latihan agar pas masuk sudah bisa mengikuti mata pelajaran saat disampaikan guru dikelas,” tegasnya.

Menurutnya, kendalanya saat lomba adalah di soal Matematika diminta menggambar bangun datar sehingga memerlukan waktu cukup lama dalam menyelesaikan.

Setyo Ariono, Ketua Pelaksana KSN Kabupaten Malang menambahkan, KSN kali ini berbeda sekali karena dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga protokol kesehatan harus diterapkan secara maksimal demi menghindari penyebaran. “Siswa yang juara langsung kita daftarkan ke pusat prestasi nasional Kemendikbud,” imbuhnya.