Siswa Tata Busana SMK Kartika IV-1 Gelar Fashion Show Final Exam Bertajuk Resourceful

Dua orang model membawakan dua kreasi busana bertema Resourceful karya siswa jurusan Tata Busana SMK Kartika IV-1 di Lafayette Cafe Malang, Rabu (12/1/2022). Fashion show ini digelar di Cybermall Malang, Kamis 13 Januari 2022 mulai pukul 13.00 WIB. (ned)

BACAMALANG.COM – SMK Katika IV-1 menggelar final exam atau ujian akhir jurusan Tata Busana lewat Fashion Show bertajuk Resourceful. Fashion show yang digelar di Cybermall, Kamis (13/1/ 2022) ini menghadirkan 31 desain karya para siswa kelas 12 jurusan Tata Busana di sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Kartika Jaya Kodim 0833 Cabang IV Brawijaya ini.


Ketua Jurusan Tata Busana SMK kartika IV-1, Novia Ira Maulana MPd menjelaskan, fashion show ini yang pertama kali digelar secara offline selama pandemi.


“Kami mengusung tema besar Resourceful, yang artinya desainnya berdasar sustainibility dengan tetap memanfaatkan budaya maupun kearifan lokal sebaik mungkin,” ungkapnya dalam jumpa pers di Lafayette Cafe Malang, Rabu (12/1/2022).


Novia menambahkan, dari tema besar tersebut dibagi lagi menjadi berbagai macam sub tema oleh para siswa.


“Misalnya, ada yang mengambil tema Into The Garden, ada pula yang Soft Romantic, yang cenderung feminin formal,” tukasnya.


Dikatakan Novia, para siswa yang tersebut sudah dapat mengerjakan busana sesuai dengan durasi 18 jam sesuai ketentuan dari Diknas.


“Mulai dari desain, pattern atau pola hingga sewing atau menjahit sudah dilakukan secara mandiri oleh para siswa,” imbuhnya.


Novia berharap ujian akhir ini menjadi landasan bagi para siswa untuk berkiprah lebih luas di dunia fashion.


“Kami ingin mengubah mindset bahwa belajar tata busana nanti hanya sekedar menjadi penjahit, namun kami mencetak fashion desainer yang berbekal entrepreneurship,” tandasnya.
Novia menegaskan, bahwa peluang tersebut masih terbuka luas, dengan kesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya di bidang tata busana di berbagai sekolah mode yang ada.


Fashion Show ini juga menghadirkan bintang tamu desainer berbakat Patrick SML. Desainer muda yang telah meluncurkan koleksi brand ES EM EL Spring/Summer 2021 bertema Revolt ini mengapresiasi upaya para siswa dalam mendesain busananya.


Mereka sudah paham untuk menerjemahkan ide Resourceful ke dalam kreasinya, seperti adanya patch dedaunan di sub tema Into The Garden,” ujar desainer yang telah berkiprah di Paris Fashion Week ini.


Patrick memberi motivasi kepada para siswa agar jangan pernah berhenti bermimpi, bercita-cita dan terus berkarya.


“Bikinlah portofolio dan saat ini sebaiknya berkolaborasi, perbanyak link dan jaringan, banyak ikut lomba utk membantu mengekspose karya, dan jangan lupa selalu minta doa restu orang tua,” pungkasnya. (ned)