SMK Mutu Gondanglegi Salurkan Bantuan Korban Gempa

Foto: SMK Mutu salurkan bantuan. (ist)

BACAMALANG.COM – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Tujuh Gondanglegi Kabupaten Malang melakukan bakti sosial bagi korban gempa bumi 6,1 Scala Richter di Malang Selatan sebagai wujud empati sesama manusia, Sabtu (24/4).

Ani Setyowati kepala Kantor Layanan Lazizmu SMK Mutu mengatakan, Pada 10 April 2021 lalu Kabupaten Malang sempat dilanda gempa dengan kekuatan 6,1 SR. Akibatnya, wilayah Kabupaten Malang yang menjadi terdampak gempa, seperti Dampit, Tirtoyudo, Ampelgading, dan Bantur bebetapa rumah berantakan dan hancur lebur .

Salah satu akibat adanya gempa tersebut membuat bangunan-bangunan rumah warga menjadi rusak. Warga yang terdampak terpaksa mengungsi karena rumah yang menjadi tempat tinggal tidak dapat dihuni kembali.

Melalui gerakan SMK Mutu peduli yang dikoordinir oleh KLL Lazismu SMK Mutu Gondanglegi, para guru dan siswa SMK Mutu menggalang dana untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak gempa.

Bantuan yang diberikan berupa kegiatan bakti sosial yang dilakukan pada tanggal 10 dan 19 April 2021. Bantuan berupa 68 sak semen dan kayu yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki rumah yang rusak. Bantuan ini diserahkan ke beberapa daerah terdampak gempa yaitu, Ampelgading, Tirtoyudo, Pamotan-Dampit, Bantur, bahkan wilayah Lumajang.

“Saya sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh SMK Mutu Gondanglegi karena benar-benar membantu meringankan beban”, kata Sapturi, korban gempa yang merupakan warga Kecamatan Ampelgading.

Sementara itu, koordinator penggalangan dana dan bakti sosial Anis Wahyudi menuturkan, hingga kini pihaknya berusaha membantu meringankan korban bencana.

“Dalam kondisi yang cukup prihatin ini, kita mencoba berbagi meskipun tidak banyak, tetapi semoga dapat meringankan beban untuk korban”, jelas Anis. (Yon/Red)