SMKN 4 Gelar Karya Guru dan Siswa Berbasis Project Based Learning

Salah satu karya siswa dengan kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak yang diikutkan dalam Gelar Karya Guru Dan Siswa di SMKN 4 Kota Malang, Rabu (26/6/2022).(ned)

BACAMALANG.COM – Flappy Bird adalah sebuah permainan di Android dan iOS, yang cara bermainnya dengan mengetukkan jari ke layar ponsel pintar untuk membuat si burung terbang, melewati setiap pipa berwarna hijau.

Di tangan Laksamana dan Rendy, permainan ini diadopsi mirip permainan aslinya dengan nama Grafika Bird. Hasil keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dari para siswa kelas X SMKN 4 Kota Malang ini adalah salah satu bagian dari Pameran Gelar Karya Guru Dan Siswa yang digelar di aula sekolah setempat, mulai Rabu-Jumat (22-25/6/2022).

Pameran yang diikuti 25 stan  dari para siswa kelas X ini merupakan hasil Project Based Learning sebagai implementasi program merdeka belajar. Sementara di setiap dinding lorong yang membentang di ruang kelas dan gedung perpustakaan sekolah dipajang ratusan karya lukisan siswa.

Koordinator guru seni SMKN 4 Malang Budi Cahyono menuturkan, hasil karya lukisan ini hanya berasal dari siswa kelas X untuk semua jurusan. “Pasalnya di jenjang SMK, hanya di kelas X saja para siswa mendapatkan mata pelajaran seni,” ujarnya, Rabu (22/6/2022).

Pameran lukisan karya siswa di lorong perpustakaan SMKN 4 Kota Malang. (ned)

Kepala SMKN 4 Malang, Drs. Gunawan Dwiyono, M.Pd. mengatakan, pameran ini sebagai implementasi bahwa ilmu yang didapatkan siswa benar-benar diwujudkan dalam bentuk karya nyata.
“Apalagi saat ini proses pembelajaran memang lebih banyak berbasis project,  sehingga dalam mewujudkan karya nyata yang ternyata tidak sederhana itu, harus ada kolaborasi dan kerjasama,” ujarnya.

Dijelaskan Gunawan, kolaborasi itu dengan rekan-rekannya serta adanya bimbingan guru yang kesemuanya itu adalah suatu proses pembelajaran. “Gelar karya ini juga sebagai sarana belajar bagi para siswa untuk mengorganisir suatu acara dan berkomunikasi,” imbuhnya.

Gunawan menguraikan, pihaknya juga mengundang para siswa SMP dalam pameran yang digelar tiga hari ini. “Agar mereka punya bayangan, sehingga nanti jika ingin melanjutkan ke SMK tidak salah jurusan,” pungkasnya.

Pameran ini menampilkan hasil karya siswa dengan 9 kompetensi  keahlian serta bazaar sejumlah karya hasil wirausaha dari para guru di sekolah yang juga dikenal sebagai SMK Grafika Malang ini. (ned)