SMPN 1 Kasembon Berikan Bantuan Pendidikan Gratis Bagi Siswa Kurang Mampu

Foto: Sriono, Kepala SMPN 1 Kasembon saat memantau pembelajaran di era pandemi melalui CCTV sebagai wujud sekolah ramah anak. (ist)

BACAMALANG.COM – SMPN 1 Kasembon Kabupaten Malang dalam penerimaan peserta didik baru tahun ini, memberikan bantuan secara gratis kepada siswa yang kurang mampu sebagai wujud empati di tengah pandemi saat ini.

Sriono, Kepala smpn 1 Kasembon menjelaskan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018, maka pihaknya memberikan bantuan bagi siswa yang kurang mampu secara gratis .

Latar belakang pemberian PPDB gratis bagi siswa kurang mampu ini, sebagai rasa empati kepada anak didik di wilayah Kasembon yang orang tuanya tidak mampu. Sehingga putra-putrinya bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dengan dibiayai dari anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Harapanya di Kasembon derajat pendidikanya bisa lebih baik dan membantu program pemerintah mengurangi peenikahan di usia dini, sesuai program Bapak Bupati Malang,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Kecamatan kasembon sendiri terdiri 6 desa dengan output sekolah dasar negeri tahun ini ada 418 siswa yang lulus, dimana SMPN 1 Kasembon mendapatkan siswa PPDB tahun ini sekitar 235 siswa mengalami penurunan dari output tahun kemarin 486 berbeda dengan tahun lalu.

Suparmo, Ketua Panitia PPDB SMPN 1 Kasembon menambahkan, pemberian PPDB gratis bahwa di era pandemi kondisi orang tua yang serba sulit sehingga memberikan sekolah tanpa biaya

Siswa yang sudah masuk di SMPN 1 Kasembon, lanjut dia, ada 235 terdiri beberapa bagian siswa berprestasi 17, siswa perpindahan orang tua 1, siswa prestasi 51 dan siswa afirmasi 51 dan jalur zonasi 166.

“Harapanya, orang tua akan semakin peduli dengan pendidikan putra putrinya sehingga Kasembon semakin lebih maju dan lebih baik,” tandasnya. (yon/red)